Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Endri mengharapkan agar ajang Kalsel Expo 2024, bisa jadi wahana memperkenalkan sekaligus mengembangkan potensi daerah, utamanya untuk produk UMKM yang ada di HSS.

"Melalui Kalsel Expo 2024, potensi-potensi daerah di HSS dapat lebih dikenal dan berkembang, khususnya bagi UMKM, serta terus meningkatkan kualitasnya di masa mendatang," kata pj bupati dalam keterangan, mengutip pers rilis Diskominfo HSS, di Banjarbaru, Kamis.

Dijelaskan dia, expo ini adalah kesempatan emas bagi UMKM di HSS untuk memperkenalkan diri dan menunjukkan bahwa produk lokal daerah tidak kalah saing dengan produk luar.

Dan selayaknya sebutir benih yang disiram dan dipupuk dengan penuh cinta, pihaknya yakin UMKM HSS akan tumbuh subur dan kokoh.

"Kita juga mengapresiasi khusus kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) HSS atas partisipasinya dalam acara ini," ucapnya.

Baca juga: Pj Bupati HSS cek harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Terpadu

Menurut dia, UMKM dari HSS sangat kreatif, salah satu produk baru yang dipamerkan adalah kerajinan tangan dari kayu manis, menandakan HSS kaya akan hasil alam, terutama kayu manis.

Pihaknya berterima kasih kepada Dinas Perdagangan HSS. berpartisipasi menyajikan kuliner khas HSS Ketupat Kandangan, serta jajanan pasar lainnya laris manis diserbu pengunjung Kalsel Expo 2024.

Pj Ketua TP PKK HSS Mutia Anwary Endri, juga mengekspresikan kebanggaannya atas partisipasi Dekranasda HSS dalam expo ini.

"Alhamdulillah, kami bersama Tim Dekranasda HSS bisa berpartisipasi dalam Kalsel Expo 2024, produk-produk UMKM HSS pun mendapat dukungan penuh dari para produsen lokal," ungkapnya.

Salah satu produk unggulan yang menarik perhatian masyarakat adalah kerajinan parang, dan ternyata, kerajinan ini menjadi unggulan dari HSS, dan mendapat banyak sekali peminat.

Baca juga: Warga Amparaya HSS antusias belanja di pasar murah program BTT

Tak hanya itu, produk olahan kayu manis dari HSS juga menjadi primadona di pameran, kayu manis nantinya diharapkan bisa menjadi ikon baru dari HSS.

"Selain itu, ada juga produk lain seperti tempat tisu, kerajinan tangan, dan kain Sasirangan yang melengkapi stan kami di expo ini," tambah Mutia.

Sebelumnya diketahui Kalsel Expo 2024 secara resmi dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, yang didampingi Ketua TP PKK Kalsel Raudhatul Jannah.

Pembukaan expo yang berlokasi di di Lapangan Dr. Murdjani, Banjarbaru tersebut ditandai dengan pemecahan mayang dan pemotongan pita sebagai simbol dimulainya pameran.

Kalsel Expo 2024 tahun ini juga menghadirkan hiburan yang memanjakan pengunjung, termasuk penampilan seni budaya khas daerah, serta kehadiran bintang tamu para artis terkemuka tanah air.

Baca juga: Poliban-Bappelitbangda HSS latih pelabelan bagi UMKM

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024