Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar rapat koordinasi guna membahas optimalisasi pengelolaan sampah desa.

"Dalam Rakor ini membahasa dan merumuskan permasalahan kesediaan lahan dan mengoptimalkan pengelolaan sampah di desa dengan terbangunnya tempat pengolahan sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di desa yanag ada di Tanah Bumbu," kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun pada DLH Tanah Bumbu Indah Maya Suryanti, di Batulicin Selasa.

Baca juga: TMMD 121 - Kodim HSS dan masyarakat bersihkan sampah di pasar tradisional

Dia mengatakan, seluruh kepala desa yang terlibat dalam rakoor ini diharapkan ada komitmen Bersama dalam mewujudkan TPS3R di desanya masing-masing.

DLH terus bertekad lebih giat dalam pengelolaan sampah secara baik. Sehingga dapat memotivasi selalu masyarakat agar dapat menerapkan pemilahan sampah dari rumah sebelum dibuang ke TPS. Untuk menuju ke arah itu, kini sebagian desa banyak yang mendukung dan menerapkan TPS3R.

"Saat ini permasalahan yang harus diselesaikan adalah menyediakan lokasi atau lahan. Kami dari DLH antusias untuk membangun dan koordinasi dengan PUPR. kami berharap pihak desa dapat menyediakan lahan," tuturnya.

Dia juga berharap, jangan sampai lahan yang akan dibangun TPS3R menjadi permasalahan dikemudian hari, oleh karena itu kita perlu koordinasi dengan baik," tutupnya.

Baca juga: DLH imbau pedagang harus sediakan kantong belanja ramah lingkungan

Pewarta: Tim Redaksi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024