Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memperkirakan seluruh wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel)  cerah berawan pada pagi Rabu pukul 08.00 Wita.

Kemudian cuaca berubah berawan terjadi pada siang hari, sekitar pukul 14:00 Wita. Berdasarkan prakiraan BMKG, Tiga wilayah yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU) dan Balangan diperkirakan disertai petir.

selanjutnya sekitar pukul 17.00 Wita, kondisi cuaca diperkirakan hujan ringan turun di Kabupaten Tanah Bumbu dan Tanah Laut.

Hujan Ringan juga terjadi di Kota Banjarmasin, Barito Kuala dan Tanah Bumbu pada pukul 20:00 Wita, dan pada pukul 23:00 wita, hujan ringan Kembali turun di Kabupaten Tabalong dan Balangan.

BMKG juga memprakirakan pukul 02:00 Wita, Banjarmasin dan Barito Kuala Kembali diguyur hujan ringan.

BMKG mengeluarkan peringatan dini agar waspada terhadap potensi hujan lebat di sertai petir dan angin kencang pada dini hari pada pukul 05:00 Wita di Enam wilayah yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banja, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Sementara itu, pada informasi prakiraan gelombang Kalimantan Selatan, BMKG meminta untuk meningkatkan kewaspadaan pada perahu nelayan, kapal tongkang, dan kapal ferry terhadap potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai 2-5 meter di perairan selatan Kalimantan (Laut Jawa).

Informasi lengkap bisa disimak :

https://signature.bmkg.go.id
https://nowcasting.bmkg.go.id
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024