TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 1008/Tabalong,  Kalimantan Selatan berupa pembangunan jalan penghubung Desa Kasiau Raya - Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak satu upaya meningkatkan infrastruktur jalan desa di "Bumi Saraba Kawa'" ini.

Komandan Satgas  TMMD ke-121 Kodim 1008/Tabalong Letkol Inf Budi Sanjaya Galih mengatakan saat ini realisasi kegiatan fisik pembangunan badan jalan mencapai 65 persen.

Baca juga: TMMD ke-121, Satgas lakukan pendampingan petani kacang kedelai

"Jalan penghubung yang kita bangun selain membantu transportasi masyarakat sekaligus mendukung program peningkatan infrastruktur desa," jelas Galih di hadapan tim pengawasan dan evaluasi TMMD ke-121 di Tabalong, Kamis.

Pembangunan badan jalan yang ditargetkan sepanjang 2.400 meter dan lebar 6 meter ini juga menghubungkan Desa Kasiau, Desa Kasiau Raya menuju jalan provinsi sehingga sangat menunjang kegiatan masyarakat setempat.

Galih menambahkan akses jalan ini berdampak meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat khususnya trasnportasi hasil pertanian dan perkebunan.

Dalam laporannya Galih menyebutkan TMMD ke-121 juga melakukan  rehab masjid, pembangunan poskamling, RTLH hingga MCK.

Termasuk penanaman pohon, pemberian bantuan anak stunting, ketahanan pangan hingga kegiatan non fisik lainnya berupa penyuluhan wawasan kebangsaan dan kesehatan.

Ketua tim pengawasan dan evaluasi TMMD ke-121 Aslat KASAD, Mayjen TNI Jonathan Binsar Parluhutan berharap hasil kegiatan fisik bisa ditindaklanjuti Pemkab Tabalong agar kualitas jalan penghubung bisa lebih baik.

"Kami berharap jalan penghubung yang sudah dibangun bisa ditindaklanjuti pemerintah daerah agar bisa diaspal sehingga akses masyarakat lebih mudah," ungkap Jonathan Binsar.

Baca juga: TMMD 121 - Kodim HSS dan masyarakat bersihkan sampah di pasar tradisional

Selian itu diharapkan kegiatan fisik dan non fisik bisa selesai tepat waktu  dan tetap bersinergi dengan pemerintah daerah hingga masyarakat.

"Optimalkan pencapaian program TMMD agar dapat menyentuh kebutuhan masyarakat dan tetap bersinergi dengan  pihak terkait," tambahnya.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024