Kodim 1008/Tabalong, Kalimantan Selatan akan membangun jalan penghubung Desa Kasiau-Desa Kasiau Raya Kecamatan Murung Pudak sepanjang 2,4 kilometer melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-121.

Dandim 1008/Tabalong Letkol Inf Budi Sanjaya  Galih mengatakan pembangunan jalan penghubung ini sebagai upaya percepatan pembangunan di wilayah terpencil dan desa di "Bumi Saraba Kawa'" ini.

"Kegiatan utama TMMD ke-121 berupa pembangunan jalan penghubung sepanjang 2,4 kilometer dari Desa Kasiau ke Desa Kasiau Raya," jelas Budi Sanjaya Galih di Tabalong, Rabu.

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ini dijadwalkan sejak 24 Juli hingga 22 Agustus 2024 dengan melibatkan organisasi perangkat daerah terkait.

Pembangunan jalan penghubung ini mendapat dukungan dana APBD Kabupaten Tabalong 2024 sebesar Rp1,5 miliar dan APBD Provinsi Kalsel untuk kegiatan pembangunan tempat ibadah serta poskamling Rp 100 juta.

Budi Sanjaya menambahkan selain kegiatan fisik TMMD nantinya juga dilaksanakan  kegiatan non fisik seperti pembuatan MCK, bedah rumah hingga  dan peningkatan sanitasi desa.

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah mengatakan kegiatan TMMD ini diharapkan mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat lokal.

"Dengan pembangunan infrastruktur jalan penghubung di Desa Kasiau dan Desa Kasiau Raya sangat mendukung kegiatan perekonomian warga yang mayoritas petani karet," ungkap Hamida.

Pembangunan jalan penghubung dua desa ini merupakan hasil musrenbang di tingkat desa dan dengan kegiatan TMMD ini tentunya berdampak cukup baik bagi masyarakat.

Sebelumnya PJ Bupati Tabalong didampingi Kepala Bappedalitbangda Tabalong Arianto bersama Dandim 1008/Tabalong mengikuti rakornas di Makodim setempat secara daring.

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024