Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Aulia Oktafiandi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka HST periode 2023-2028 mengajak seluruh pengurus untuk bersinergi membangun banua di provinsi ini.

“Untuk para pengurus kwartir cabang (kwarcab) Gerakan Pramuka HST, kita adalah sebuah gerakan untuk menumbuhkan karakter para pemuda serta bangsa. Gerakan pramuka ini dikenal disiplin, suka rela, dan siap turun ke masyarakat saat keadaan membutuhkan,” kata Aulia di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Minggu.

Bupati HST resmi dilantik oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Kalsel Raudatul Jannah, sebagai Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Hulu Sungai Tengah masa bakti 2023-2028, setelah itu dilanjutkan pelantikan 39 orang pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka HST yang diketuai oleh Muhammad Anhar selaku Kepala Dinas Pendidikan HST, dan lima orang Lembaga Pemeriksa Keuangan.

“Saya mengajak seluruh pengurus untuk sama-sama bergandengan dan bersinergi bersama membantu masyarakat Hulu Sungai Tengah, membantu Provinsi Kalsel, untuk bergerak bersama agar lebih makmur dan sejahtera,” ujarnya.

Bupati HST juga memberikan apresiasi tinggi bagi para pengurus yang lama, dia juga berpesan kepada para pengurus baru agar mengutamakan kebersamaan dan kekeluargaan serta bekerja dengan sukarela tanpa mengharapkan imbalan dari masyarakat.

Sementara itu, Ketua Kwarda Kalsel Raudatul Jannah mengatakan Pramuka merupakan organisasi yang tangguh, ikhlas, disiplin tinggi, rajin dan dapat dipercaya, terutama loyal dan tidak belok kanan kiri, serta tegak lurus sesuai dengan tri satya dan dasa dharma pramuka.

Raudatul mengucapkan selamat atas pelantikan yang terlaksana, dengan harapan semoga amanah jabatan melalui Gerakan Pramuka Hulu Sungai Tengah mampu memberikan manfaat yang maksimal, terutama dalam membina anak-anak muda menuju kemajuan Kalsel melalui sinergitas antar daerah.

"Pramuka merupakan garda depan untuk memberikan keteladanan, karakter anak bangsa dapat terbentuk dengan gerakan pramuka. Dan merupakan tugas kita semua untuk menghidupkan dan membesarkan gerakan pramuka melalui berbagai dukungan,” ujar Raudatul.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024