Banjarmasin (Antaranews Kalsel)- Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kalimantan Selatan, menggelar pameran dan lomba anggrek 18-19 November 2016 di Siring Tendean Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


         Ketua DPD PAI Kalsel, Aida Muslimah didampingi Humas PAI Kalsel Hasan Z di Banjarmasin, Rabu mengatakan, pameran diutamakan adalah anggrek spicies Kalimantan.

         Khususnya anggrek yang berasal dari Pegunungan Meratus kawasan Kabupaten Balangan dan anggrek kawasan Pleihari Kabupaten Tanah Laut.

         Karena dikedua wilayah tersebut terdapat dua jenis anggrek bulan yang spesifik dan khas dan banyak diminati pecinta anggrek nusantara.

         Seperti anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) Pleihari, kata Aida Muslimah termasuk anggrek yang banyak dicari orang lantaran langka yang ada di dunia.

         Berdasarkan keterangan anggrek bulan Pelaihari memiliki masa bunga cukup lama antara tiga dan enam bulan, sedangkan anggrek biasa tidak lebih dari satu bulan.        
    Selain itu, jumlah kuntum dalam satu tangkai bisa mencapai 25-50 buah, sedangkan anggrek biasa hanya 10-15 kuntum, dan banyak cabang dalam tangkai, sedangkan anggrek lainnya hanya satu cabang.             Anggrek bulan Pelaihari ini juga merupakan salah satu jenis anggrek yang memiliki bunga yang sangat indah berwarna putih bersih sehingga harganya pun cukup mahal.

         Dalam pamaren tersebut akan menampilkan anggrek langka ini, katanya lagi seraya menyebutkan selain pamaren juga digelar lomba anggrek baik specis maupun hybrida.

         Bagi pemenang lomba tersebut akan diberikan uang pembinaan serta piala dan piagam penghargaan, tambahnya.

         Dalam rangkaian tersebut juga akan dilakukan pengukuhan pengurus DPD Pai Kalsel baru yang akan dihadiri oleh Ketua Umum PAI Pusat Rita Subowo dan Ny Anton.

         Kegiatan lainnya penanaman anggrek di pohon lokasi siring Tendean.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016