Menjelang hari raya Idul Fitri 1445 hijriah tahun 2024, Dinas Perhubungan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (rampchek) dibeberapa terminal yang ada di wilayah kecamatan Pulau Laut Utara.

"Kegiatan ini untuk menjaga keselamatan para pemudik," kata Kasubbag Tata Usaha UPTD PKB Akbar di Kotabaru, Sabtu.

Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru Khairian Anshari melalui Kasubbag Tata Usaha UPTD PKB (Plt. Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Dishub) Akbar mengatakan kegiatan inspeksi Keselamatan LLAJ yang kami laksanakan ini dalam rangka menangani melonjaknya pemudik untuk menjaga keselamatan angkutan umum menjelang hari raya raya Idul fitri 1445 hijriah.

Dalam pelaksanaan kegiatan inspeksi keselamatan LLAJ, pihak kami melibatkan Satlantas Polres Kotabaru.

"Tempat pelaksanaan kami fokuskan di terminal kota depan taman kota, terminal kelurahan Kotabaru Tengah dan di Bandara Udara Gusti Samsir Alam," kata Akbar.

Ia menjelaskan,ada beberapa poin pemeriksaan administrasi kendaraan yang kami laksanakan seperti SIM, STNK dan juga surat tanda bukti kendaraan bermotor.

"Kami juga memeriksa kelayakan mobil angkutan umum, apakah layak digunakan atau tidak layak, serta memberikan himbauan kepada supir dan penumpang agar selalu mengutamakan keselamatan," katanya.

"Dari 15 sampel hasil pemeriksaan, ada dua unit kendaraan yang sudah habis masa berlaku KIR, dan langsung kami arahkan untuk segera melaksanakan pengujian berkala kendaraan bermotor (kir) di UPTD Dishub Kotabaru yang bertempat di Terminal Stagen," demikian Akbar.
Dishub dan kepolisan memeriksa angkutan umum (ANTARA- HO/ Diskominfo Kotabaru)

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024