Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan Taufan Eka Putra, mengatakan, pihak operator kapal melayani calon penumpang angkutan lebaran 1445 Hijriah/2024 dengan menyiapkan enam unit kapal melalui Pelabuhan Samudera.

"Kapal jenis roll on roll off  (Roro)  atau kapal angkutan lebaran tersebut terdiri empat unit kapal disiapkan oleh PT Pelni (Persero), satu unit disiapkan oleh PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin dan satu unit disiapkan oleh Negara," kata Taufan Eka Putra, di Batulicin, Rabu.

Baca juga: Usai Gempa Tuban, kapal PELNI rute Batulicin-Surabaya beroperasi normal

Kapal milik PT Pelni diantaranya KM Wilis, KM Egon, KM Sanus dan KM Lawit, dan kapal milik PT DLU Cabang Batulicin yaitu KM Dharma Fery III, sedangkan milik negara KM Bung Tomo.

Dia mengatakan, semua kapal tersebut akan melayani rute palayarayan Batulicin-Surabaya PP dan Batulicin Makassar PP siap mengangkut pemudik dengan kapasitas mencapai 4000 lebih penumpang.

Diprediksi, lonjakan atau puncak arus mudik tahun ini akan terjadi lima hari sebelum lebaran atau H - lima dan H + lima Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah hingga 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya atau meninggal hingga 1000 penumpang.

Agar calon penumpang atau pemudik tetap terakomodir, KSOP bersama pihak operator kapal juga menyiapkan duak kapal yakni KM Leuser dab KM Binaiyah.
"Dua tambahan kapal tersebut saat ini belum dioperasikan, karena hanya akan melayani calon penumpang sebelum dan sesudah lebaran. Sedangkan enam kapal lainya sudah dioperasikan secara reguler," terang Taufan.

Baca juga: ASDP siapkan delapan kapal ferry tujuan Batulicin-Kotabaru

Untuk mendukung layanan angkutan lebaran, KSOP dan istansi yang terlibat telahmeyiapkan sarana dan prasarana sebaik mungkin untuk menyambut angkutan laut lebaran tahun ini salah satunya adalah posko terpadu di Pelabuhan Samudera Batulicin.

"Kami komitmen memberikan layanan terbaik bagi calon penumpang kapal dengan berkoordinasi bersama TNI Polri untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para calon penumpang melalui posko lebaran," tutupnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024