Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Hak Asasi Manusia DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabalong dengan partisipasi pemilih melebihi target.

 

"Kita apresiasi kinerja KPU Tabalong dengan partisipasi pemilih melebihi target pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 yang pencoblosannya 14 Februari lalu," ujar Ketua Komisi I Hj Rachmah Norlias, sesudah melakukan kunjungan di Tanjung, Kamis.

 

Pasalnya, menurut Ketua Komisi I yang akrab dengan sapaan ibu Amah, KPU "Bumi Saraba Kawa" Tabalong sudah bekerja maksimal, mulai tahapan-tahapan awal proses Pemilu - Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu.

 

Sebagaimana target partisipasi pemilih pada Pilpres dan Pileg yang pencoblosannya 14 Februari lalu 75 persen, ternyata untuk Bumi Saraba Kawa Tabalong mencapai 84 persen.

 

Mengenai periodesasi komisioner KPU Tabalong yang berakhir 22 Maret 2024, ibu Amah  berharap KPU Pusat maupun KPU Kalsel agar segera menjaring dan menetapkan pengganti guna menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

 

"Karena dengan perjalanan waktu mungkin tak terasa tak berapa lama lagi pelaksanaan Pilkada serentak yang juga harus kita sukseskan," demikian ibu Amah.

 

Sementara itu Ketua KPU Bumi Saraba Kawa Tabalong Ardiansyah menyatakan senang dan gembira atas kunjungan  rombongan Komisi I DPRD Kalsel sebagai pemberi semangat dalam bekerja.

 

“Keberhasilan KPU Tabalong mencapai target, bahkan lebih untuk partisipasi pemilih, ini karena kerja yang kompak di KPU sendiri maupun juga bantuan pihak lain dalam sosialisasi,” kata Ardiansyah.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024