Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan Anang Syakhfiani mengatakan akses desa yang sebelumnya masuk kawasan terpencil akan dibuat jalan beton untuk mendukung kegiatan  perekonomian masyarakat lokal.

"APBD Kabupaten Tabalong 2024 telah mengalokasikan dana Rp40 miliar lebih untuk pembuatan akses jalan beton di Desa Salikung, Desa Dambung, Desa Hegar Manah dan Desa Panaan ," jelas Anang pada acara penyerahan insentif bagi pengurus tempat ibadah  di  Pendopo Bersinar Pembataan , Sabtu.

Dia mengatakan, sebelumnya beberapa kali jalan desa di Kecamatan Bintang Ara dan Muara Uya  tersebut dibuat beraspal namun selalu rusak tergerus banjir karena itu perlu dibuat jalan beton agar lebih tahan lama.

"Kita menargetkan akhir tahun ini jalan beton tersebut tuntas," ungkap Anang.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tabalong Jurni mengatakan untuk pembuatan jalan beton Desa Salikung dan Desa Kumap memerlukan dana anggaran sekitar Rp42 miliar.

Sedangkan untuk penyelesaian jalan beton Desa Dambung Raya dan Desa Panaan Kecamatan Bintang Ara membutuhkan dana sekitar Rp90 juta.

"Untuk pembuatan jalan beton Desa Dambung Raya dan Desa Panaan kita anggarkan dalam APBD 2024 dan 2025,," jelas Jurni.

Sementara itu  pemberian insentif bagi  280 pengelola tempat ibadah baik masjid, gereja dan pura dari pemerintah daerah bersumber dari  APBD Kabupaten Tabalong 2024.

"Pemberian insentif sebesar Rp500 ribu per orang baik yang diberikan tiap tiga bulan," jelas Kabag Kesra Setda Tabalong Alipansyah.

Untuk jumlah tempat ibadah  di Kabupaten Tabalong mencakup masjid sebanyak 235 unit, gereja 44 unit dan pura satu unit.

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024