Barito Putera gagal meraih poin di kandang Persis setelah kalah 2-1 dalam laga lanjutan kompetisi Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam.


Gol untuk Barito dihasilkan melalui tendangan Gustavo Tocantins, sedangkan  gol untuk tuan rumah dicetak Messidoro dan Althaf Indhie Alrizky

Sejak awal pertandingan, kedua tim menampilkan permainan menyerang untuk bisa membuahkan gol ke gawang lawan.

Pada menit 15, Persis mendapat hadiah tendangan penalti setelah pemain nomor punggung 14 Sho Yamamoto, dijatuhkan di dalam kotak penalti Barito. Messidoro melakukan eksekusi tendang penalti dan berhasil gol sehingga mengubah kedudukan 1-0 untuk Persis Solo.

Pada menit ke-28, Barito berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui tendangan Gustavo Tocantins dan bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, pertandingan kedua tim berjalan cukup ramai karena kedua kesebelasan terus saling menyerang untuk membuat gol ke gawang lawan. Persis yang mendapat dukungan ribuan penonton pendukungnya lebih penuh semangat mencetak gol ke gawang lawan.

Persis baru mampu menambah gol pada menit 67 melalui tendangan keras  Althaf Indhie Alrizky, setelah memanfaatkan umpan silang dari Messidoro, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Persis Solo.

Barito yang ketinggalan satu gol terus memberikan tekanan ke pertahanan Persis Solo, untuk menyamankan kedudukan. Namun, rapatnya pertahanan Persis sulit ditembus pemain Barito.

Barito Putera terus melakukan serangan baik dari pemain sayap kanan maupun kiri, tetapi pertahanan Persis yang dikoordinasi Rian Miziar, kapten tim, terlalu rapat.

Kedudukan 2-1 tetap bertahan hingga wasit yang memimpin pertandingan, Thoriq M. Alkatiri, meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir kedudukan tetap untuk Persis Solo. Wasit Thoriq M. Alkatiri dalam pertandingan tersebut juga mengeluarkan empat kartu kuning untuk Renan Alvis (Barito Putera), Ramadhan Sananta, Arapenta, dan Faqih (Persis Solo).

Baca juga: Liga 1 -Tanpa kiper, Persis tekuk PSM 1-0

Sementara itu, Pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan usai pertandingan mengatakan meskipun hasil tidak baik, ia tetap mengucapkan terima kasih kepada timnya karena mempunyai semangat yang baik dan terus berjuang melawan Persis.

"Saya juga mengapresiasi Persis yang memenangkan pertandingan melawan Barito dan selamat. (Pertandingan) secara keseluruhan berjalan sangat alot dan saling menyerang. Tim banyak kesempatan tetapi tidak bisa menjadi gol ke gawang lawan," katanya.

Pelatih Persis Milomir Seslija mengatakan Persis bermain cerdas dan beradaptasi dengan situasi karena pada pertandingan sebelumnya timnya bermain melawan PSM Makassar hanya dengan 10 pemain sehingga mengalami kelelahan secara fisik. Bukan hal yang mudah bermain dengan 10 pemain melawan Makassar.

Ia berterima kasih kepada para suporter yang telah menciptakan atmosfir yang luar biasa saat melawan Barito. Persis meraih kemenangan yang baik sebelum memasuki bulan Ramadhan dan kemenangan ini diharapkan menjadi berkah untuk semuanya.

"Selamat memasuki bulan Ramadhan dengan kemenangan tim. Ini momen spesial bagi Persis memasuki bulan Ramadhan dan terima kasih kepada suporter yang membuat atmosfer yang luar biasa bagi timnya," katanya.

Baca juga: Liga 1 - Barito Putera tundukkan Bali United 4-3
Baca juga: Liga 1 - Persik libas Barito 3-1

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Hernawan Wahyudono



 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024