Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 101 atlet Provinsi Kalimantan Selatan dinyatakan siap bertanding dalam Pekan Paralimpik Nasional (Pepernas) XV 2016 di Jawa Barat pada 15-24 Oktober 2016.


Kabid Olahraga Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan Khairul Saleh di Banjarmasin, Selasa, mengungkapkan, kontingen Peparnas Kalsel akan mulai diberangkatkan ke Jawa Barat pada Rabu (12/10).

"Para atlet kita sudah sangat siap mengikuti berbagai pertandingan, sebab mereka semua ingin menorehkan prestasi diajang nasional ini," ujarnya.

Diungkapkan dia, kontingen Peparnas Kalsel akan bertanding di sebanyak 10 cabang olahraga, dan nomor pertandingan yang diikuti atlet sebanyak 169 nomor.

"Artinya setiap atlet itu ada yang sampai tiga nomor mengikuti pertandingannya, mereka berkometmen bisa mendapatkan medali sebanyak-banyaknya," tutur Khairul Saleh.

Dikatakan dia, target perolehan medali emas tetap dicabang andalan, yakni, renang, bulu tangkis, catur dan atletik.

Sebab, lanjutnya, pada Peparnas XIV 2012 di Riua lalu dicabang ini paling banyak menyumbang medali yang totalnya sebanyak 68 medali, dengan rincian sebanyak 24 medali emas, 20 medali perak dan 24 medali perunggu.

"Target kita memang tidak menyebutkan berapa, tapi mengejar peningkatan perolehan medali semaksimal mungkin," ucapnya.

Dia menyatakan, para atlet Kalsel ini semuanya baik dan sudah melakukan persiapan untuk ajang empat tahunan sekali ini dengan latihan yang rutin dan semangat.

"Kita harap semangat mereka tidak akan pernah padam, dan kita pun melihat para atlet sangat senang mengikuti ajang ini, hingga kita yakin akan banyak prestasi daripada Peparnas lalu," tuturnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016