Kapolresta Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) Kombes Pol Sabana Atmojo meminta petugas keamanan dan pelipat surat suara mewaspadai orang tidak dikenal yang keluar dan masuk di Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) kawasan Jalan Pramuka, Kecamatan Banjarmasin Timur.

“Personel sudah menjaga dengan ketat area sekitar gudang logistik pemilu, namun perlu berkolaborasi dengan petugas pelipatan surat suara untuk mewaspadai akses keluar masuk gudang logistik,” kata dia di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Kapolda Kalsel pimpin deklarasi pemilu damai diikuti ribuan orang di Banjarmasin

Sabana menuturkan upaya pengawasan kelancaran pemilu tidak hanya ditentukan institusi kepolisian, tetapi membutuhkan sinergi dan kolaborasi dengan seluruh pihak terutama para petugas pelaksanaan pemilu.

“Saya sering meninjau gudang logistik, untuk saat ini tidak ada permasalahan, pelipatan surat suara juga lancar meskipun ada beberapa lembar mengalami kerusakan tetapi sudah diatasi KPU,” ujarnya.

Dia menyebutkan peninjauan gudang logistik merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata Intan 2024 yang terus dilaksanakan untuk menjamin pelaksanaan pemilu berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

Kapolresta mengatakan saat ini petugas masih melakukan pelipatan surat suara dengan melibatkan ratusan pekerja, sehingga diperlukan pengawasan ketat setiap hari untuk menghindari hal-hal di luar kendali dari KPU Banjarmasin.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin pantau pelipatan surat suara pemilu

Selain untuk memastikan kelancaran pelipatan surat suara, rangkaian pengawasan juga untuk memberikan rasa kepercayaan kepada masyarakat bahwa seluruh proses dan tahapan pemilu berjalan dengan transparan.

Oleh karena itu, Sabana meminta petugas selalu memeriksa orang yang keluar masuk gudang logistik khususnya orang asing yang tidak pernah berkunjung, dan segera melaporkan jika ada aktivitas mencurigakan di sekitar gudang logistik pemilu.

“Saya berharap setiap personel dapat menjalankan tugasnya dengan tanggung jawab dan integritas penuh,” ujarnya.

Baca juga: Polresta Banjarmasin pastikan kesiapan sarana pengamanan Pemilu 2024

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024