Bandung (Antaranews Kalsel) - Medali emas keempat didapatkan kontingen cabang gulat Kalimantan Selatan yang disumbangkan Brian Akbar Prahara pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat.


Brian Akbar yang turun di kelas 71 Kg gaya brego roman berhasil mengalahkan lawannya dari tuan rumah Jawa Barat Andri di laga final yang berlangsung di GOR Saparua, Kota Bandung, Rabu.

Brian menutup perolehan medali emas keempat yang diperoleh Kalsel hingga berada diperingkat empat dari 25 provinsi, teratas Jawa Barat, Kalimantan Timur dan Jawa Timur.

Ketua Umum Pengurus Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kalsel Mohammad Welny menyatakan, torehan empat medali emas yang didapatkan Kalsel sudah sangat bagus, meski tidak sesuai dengan target.

"Jadi sampai akhir ini Kalsel dicabang gulat memberikan medali sebanyak 15 medali, terdiri empat medali emas, tiga medali perak dan delapan medali perunggu," tuturnya.

Bahkan kalau dihitung, ujar dia, cabang olahraga gulat penyumbang medali terbanyak, di mana total medali yang didapatkan Kalsel sebanyak 35 medali, dengan rincian sembilan medali emas, sepuluh medali perak dan 16 medali perunggu.

Dinyatakan Welny, posisi Kalsel sementara ini berada diperingkat 16 perolehan medali seluruh provinsi.

"Kita berharap di PON akan datang daerah kita terus bisa meningkat perolehan medali emasnya, PON XVIII 2012 lalu lima emas," ujarnya.

Kalsel pada PON XIX di Jawa Barat pada 17-29 September ini menurunkan sebanyak 226 atlet disebanyak 36 cabang olahraga yang diikuti, target sebelumnya 18 medali emas.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016