Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menjadwalkan puncak hari jadi kabupaten ke-58 pada 8 Desember 2023 yang akan dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan pada puncak HUT Tabalong Mendagri akan melaunching tiga inovasi daerah yakni  Julakwasi (ojek Jual sayur, Sembako, Ikan, Kawal Inflasi),  Langsat Manis (Layanan Angkutan Masyarakat Tabalong Nyaman dan Ekonomis)
 dan Barakat.

"Tiga  inovasi tersebut satu upaya kita  mengendalikan inflasi di Kabupaten Tabalong dan launchingnya bersamaan puncak Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-58 oleh Mendagri," jelas Anang saat gelar jumpa pers di Tabalong, Senin.

Dari inovasi tersebut inflasi di Kabupaten  Tabalong masuk peringkat lima  terendah di Indonesia dan akhir 2023   angka inflasi  hanya 2,43 persen.

Selain tiga inovasi tersebut Pemkab Tabalong juga memiliki 12 inovasi lainnnya sebagai upaya pengendalian inflasi daerah.

Sebelumnya puncak perayaan hari jadi Kabupaten Tabalong dijadwalkan pada tanggal 6 Desember 2023 namun ditunda menjadi 8 Desember 2023 dengan alasan menyesuaikan agenda Mendagri.

"Hasil  rapat panitia hari jadi  diputuskan  pelaksanaan  puncak HUT  Tabalong ke-58 tahun 2023 ini kita tunda menjadi tanggal 8 Desember 2023 berkaitan dengan kunjungan menteri ," jelasnya.

 Anang pun berharap kehadirian Mendagri bisa memberikan arahan tentang upaya  memacu percepatan pembangunan di Kabupaten Tabalong.

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023