Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Rumah sakit "Idaman" yang dikelola Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, mulai Selasa (13/9) resmi beroperasi melayani masyarakat yang ingin berobat dan menjalani perawatan kesehatan.


Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani di Banjarbaru, Selasa mengatakan, rumah sakit yang diberi nama "Idaman" di Jalan Trikora Kelurahan Guntung Manggis resmi beroperasi secara penuh.

"Rumah sakit baru ini resmi beroperasi secara penuh, pindah dari rumah sakit yang lama di Jalan Palang Merah sehingga seluruh pelayanan kesehatan dipindah ke rumah sakit "Idaman"," ujarnya.

Menurut wali kota didampingi Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan khusus memimpin apel pagi di halaman rumah sakit dilanjutkan pengecekan ke sejumlah ruangan.

Dijelaskan, fasilitas ruangan termasuk peralatan sudah sebagian digunakan untuk melayani pasien, meski pun tidak seluruh fasilitas ruangan lengkap tetapi dibenahi bertahap.

"Fasilitas ruangan pasien sudah cukup lengkap hanya fasilitas pelayanan seperti poliklinik yang peralatannya masih belum diangkut dari rumah sakit lama sehingga disiapkan bertahap," ungkapnya.

Ia mengatakan, pemindahan rumah sakit ini juga untuk mengetahui apa saja yang kurang baik peralatan dan fasilitas pendukung sehingga kekurangan bisa dilengkapi sesuai kebutuhan.

"Meski pun masih ada peralatan dan fasilitas yang kurang, tetapi pemindahan tidak dipaksakan karena dengan pindah ini bisa diketahui kekurangan termasuk sumber daya manusia," ucapnya.

Dikatakan, tujuan lain pemindahan rumah sakit ke gedung baru itu juga sebagai persiapan menyambut Menteri Kesehatan RI yang direncanakan datang dan meresmikan rumah sakit tersebut.

"Menteri Kesehatan dijadwalkan bisa datang dan meresmikan rumah sakit bulan Oktober 2016 sehingga operasional rumah sakit kami mulai dari sekarang agar kekurangan diketahui," kata dia.

Ditambahkan, pihaknya juga berusaha menambah fasilitas perkotaan berupa akses transportasi trayek angkutan kota menuju rumah sakit sehingga membantu masyarakat menuju rumah sakit.

"Kami akan membuka trayek menuju rumah sakit sehingga mempermudah masyarakat yang ingin datang berobat menggunakan angkutan umum ke rumah sakit," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016