Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan meraih penghargaan Swasti Saba dari Kementerian Kesehatan RI sehingga dinobatkan sebagai Kota Sehat 2023 karena dinilai berhasil menjalankan program kota sehat.
 
"Alhamdulillah, Banjarbaru meraih Swasti Saba yang artinya menjadi salah satu kota sehat di Indonesia hasil penilaian Kemenkes RI," ujar Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin, Kamis.
 
Menurut Aditya, keberhasilan meraih penghargaan nasional itu tidak lepas dari peran Dinas Kesehatan maupun instansi terkait lain dan dukungan masyarakat terhadap program yang dicanangkan pemerintah.
 
Diharapkan, program pemerintah terus mendapatkan dukungan penuh dari seluruh pihak serta masyarakat sehingga dinilai telah berhasil dalam menjalankan rencana dan kegiatan yang disiapkan pemerintah.
 
"Setiap program pemerintah sangat memerlukan dukungan berbagai pihak dan seluruh unsur masyarakat sehingga kami meminta semuanya mendukung agar program berjalan dengan baik," ungkapnya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Banjarbaru Juhai Triyanti Agustina mengatakan, penghargaan menjadi bukti Kota Banjarbaru memenuhi kriteria dalam menjalan Program Kabupaten Kota Sehat (KKS) dari Kemenkes RI.
 
"Artinya Pemkot Banjarbaru berhasil mengimplementasikan program kota sehat dimana tujuannya menjadikan sebuah kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan tempat bekerja bagi masyarakat," ucapnya .
 
Diakui Juhai, penghargaan sebagai bukti keseriusan wali kota dalam melaksanakan program kota sehat yang diharapkan berdampak pada peningkatan perekonomian maupun kesejahteraan masyarakat.
 
"Keinginan wali kota menciptakan lingkungan yang sehat bagi seluruh masyarakat Banjarbaru terwujud dan semoga penghargaan juga menjadi inspirasi masyarakat selalu menjaga lingkungannya," kata dia.
 
Diketahui, penghargaan KKS bukan sebuah lomba melainkan apresiasi pemerintah pusat kepada pemda yang menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Mendagri dan Menkes RI tahun 2005.
 
Penyerahan penghargaan bagi kabupaten dan kota yang ditetapkan menjadi kota sehat meraih Swasti Saba dari Kementerian Kesehatan RI diagendakan di Grand Indonesia West Mall, Jakarta.
 
Sementara, penganugerahan Swasti Sabat atau Kota Sehat 2023 sesuai radiogram Mendagri ditandatangani Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Restuardy Daud pada tanggal 23 November 2023.
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023