Persatuan bola basket seluruh Indonesia (Perbasi) Cabang Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan membuka turnamen atau pertandingan bola basket tigkat pelajar untuk menjaring calon atlet handal.

Ketua Perbasi Tanah Bumbu Dading Kalbuadi di Batulicin Kamis mengatakan, peserta yang ikut bertanding adalah para pelajar tingkat SMP dan SMA.

"Selamat datang kepada para peserta, para guru pendamping, dan seluruh tamu undangan yang hadir," kata Dading.

Dading sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah turut serta menyukseskan kegiatan tersebut.

Dia mengatakan, turnamen ini juga untuk meningkatkan prestasi olahraga bola basket di kalangan pelajar, serta untuk menjalin silaturahmi antar pelajar dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Turnamen kali ini atau Perbasi CUP 2023 diikuti sebanyak 18 peserta. Terdiri dari delapan tim putri, dan sepuluh putra yang berlangsung selama sembilan hari sejak 10 November.

"Mari junjung tinggi sportivitas dan fair play dalam setiap pertandingan. Jangan sampai kemenangan menjadi tujuan utama. Namun yang lebih penting lagi adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pengalaman kalian dalam bermain basket," tegas Dading.

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar mengatakan pemerintah daerah mendukung penuh dan mengapresiasi kepada Perbasi Tanbu yang telah ikut bersama memberikan wadah untuk mencetak generasi muda berprestasi, terutama di bidang olahraga.

Menurutnya bupati ada tiga manfaat yang dapat dipetik pada kegiatan pertandingan bola basket antar pelajar ini.

"Pertama, bagaimana pembinaan atlet melalui kompetisi. Kedua, menjadi ajang silaturahmi, baik itu sesama atlet, official maupun semua pihak yang terlibat dalam kegiatan, ketiga adalah pemulihan ekonomi nasional yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat terutama pelaku UMKM," kata Zairullah.

Selain sebagai ajang silaturahmi antar pelajar SMP dan SMA se-Tanbu, harapannya pertandingan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya.

Sehingga dapat meningkatkan kualitas mental dan fisik agar ke depannya Tanbu memiliki generasi muda yang berkualitas.

"Harapannya generasi Tanbu memiliki fisik sehat, tangguh, berdaya dan berhasil," harap Bupati.
Perbasi Tanah Bumbu jaring atlet basket (ANTARA/HO-Diskominfo Tanah Bumbu)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023