Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Suripno Sumas lakukan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) foku sila keempat dari Pancasila di Banjarmasin, Ahad.

Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang tersebut sesuai nomenklatur terbaru sebutannya Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila yang merupakan kewajiban semua anggota DPRD Kalsel menyosialisasikan.

Sesuai nomenklatur Wasbang atau Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila terdiri dari empat pilar kebangsaan yang harus semua elemen bangsa atau seluruh lapisan masyarakat perlu ketahui.

Keempat pilar kebangsaan tersebut yaitu Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Sebagaimana kita ketahui, sila keempat Pancasila yaitu Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan salah satu wujudnya," ujar Suripno.

Wasbang oleh Sekretaris Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Hak Asasi Manusia DPRD Kalsel tersebut kali ini menghadirkan narasumber (narsum ) H Sugiarto Sumas dan anggota DPRD Kota Banjarmasin H Dedy Shopian.
H Sugiarto Sumas selaku narasumber sedang simulasikan tugas saksi Pemilu pada sosialisasikan Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Banjarmasin, Ahad (12/11/23). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
 

Sementara Sugiarto sebagai narsum mensimulasikan peran saksi pada Pemilu 2024 agar melakukan tugas dengan baik dan benar, yang pada gilirannya pelaksanaan Pemilu 2024 betul-betul suksss atau jujur dan adil (Jurdil).

"Karena Pemilu yang betul-betul Jurdil juga tidak terlepas dari peran saks. Baik peserta maupun penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu sangat membutuhkan saksi," ujarnya.

Begitu juga Mahkamah Konstitusi (MK) butuhkan saksi manakala terjadi sengketa dalam perhitungan suara misalnya, demikian Sugiarto Sumas.

Sedangkan Dedy mengingatkan saksi agar memegang autentik yaitu formulir C1 sebagai pegagangan data.

Selain itu, saksi agar memegang/menguasai semua kelengkapan data di Tempat Pemungutan Suara (TPS), tegas anggota DPRD Kota Banjarmasin dua periode tersebut.

Oleh sebab itu, saksi merupakan "ujung tombak" sukses perhitungan suara Pemilu, demikian Dedy Shopian.

H Suripno Sumas bersama H Dedy Shopian memberi keterangan pers usai sosialisasikan Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Banjarmasin, Ahad (12/11/23). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023