Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin bertekad memaksimalkan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat seiring momentum Hari Kesehatan Nasional ke-59.
 
"Momentum HKN, kami bertekad fasyankes dan tenaga kesehatan semakin maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Aditya di sela peringatan HKN di Lapangan Dr Murdjani, Ahad.
 
Menurut Aditya, pihaknya selalu mendorong tenaga kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan untuk bekerja maksimal dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai pelayan kesehatan masyarakat.
 
Disisi lain, Pemkot Banjarbaru juga berupaya meningkatkan sarana dan prasarana serta fasilitas kesehatan baik layanan tingkat dasar seperti Puskesmas maupun rumah sakit yang dikelola pemerintah kota.
 
"Pembenahan fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas mulai dilakukan dengan renovasi ruangan maupun penambahan fasilitas untuk menciptakan kenyamanan warga saat berobat," ungkapnya .
 
Disebutkan, langkah terbaru yang dilakukan pemkot adalah relokasi Puskesmas Banjarbaru Selatan yang dibangun dengan konsep ramah lingkungan (Green Building) untuk memberikan kenyamanan.
 
Dikatakan, masyarakat yang ingin berobat di Puskesmas juga diberikan kemudahan karena hanya dengan membawa KTP sudah dilayani dan pelayanan di RSD Idaman mendaftar online melalui aplikasi Sipopi.
 
"Semua kemudahan itu diberikan sebagai bentuk hadirnya negara sehingga ke puskesmas tinggal membawa KTP dan ke rumah sakit bisa mendaftar secara online, biaya ditanggung pemkot," ucap Aditya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Banjarbaru Juhai Triyanti Agustina mengatakan, peringatan HKN tahun 2023 diisi berbagai kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Dr Murdjani melibatkan ribuan masyarakat.
 
"Sejumlah kegiatan yang bertujuan menyemarakan HKN dilaksanakan mulai dari senam sehat, donor darah, edukasi dan aksi bergizi siswa yang melibatkan 1.500 masyarakat ikut senam sehat," katanya.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023