Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Aulia Oktafiandi menyerahkan bantuan sosial bagi korban terdampak angin puting beliung di Desa Mahang Baru, Kecamatan Labuan Amas Selatan, Kabupaten HST.

“Bantuan ini adalah bentuk bela sungkawa pemerintah daerah kepada masyarakat yang mengalami musibah, ada enam unit rumah yang mengalami rusak berat, terutama bagian atap,” kata Aulia di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Selasa.

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai senilai Rp13.000.000 untuk masing-masing keluarga beserta paket sembako berupa mi instan, air mineral, beras, gula putih, termasuk terpal dan kebutuhan mandi.

“Semoga bantuan sosial ini menjadi berkah dan dapat meringankan beban sosial bagi korban bencana angin puting beliung,” ucapnya.

Sebelumnya, angin puting beliung menyapu wilayah Desa Mahang Baru pada Senin (16/10) lalu yang mengakibatkan sekitar 13 unit rumah mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Selain itu, dia juga menyerahkan bantuan sosial berupa uang tunai kepada penyandang disabilitas dan lanjut usia (lansia) sebanyak 68 orang di Desa Muara Rintis, Kecamatan Batang Alai Utara, masing-masing menerima total Rp1.350.000 yang diberikan secara bertahap yakni per bulan.

Pada kesempatan tersebut, Aulia didampingi Plt Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB-PPPA) Kabupaten Hulu Sungai Tengah Eddy Rahmawan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah beserta Camat setempat.

Ia menyebutkan bantuan yang disalurkan itu merupakan tanggung jawab sosial dan bentuk kepedulian dari pemerintah daerah kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Hulu Sungai Tengah Edy Rahmawan bantuan sosial yang diberikan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023