Atlet Para atletik Indonesia nomor lempar cakram F55 Riadi Saputra saat ditemui usai pertandingan di Huanglong Sports Centre Stadium, China, Selasa (24/10/2023). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Atlet para-atletik Indonesia nomor lempar cakram F55 Riadi Saputra mengaku puas karena target utamanya untuk memecahkan rekor pribadi tercapai saat berlaga di Asian Para Games 2022 Hangzhou, Selasa.

“Di satu sisi saya senang karena rekor pribadi saya pecah di sini, tapi di sisi lain saya kecewa juga karena belum bisa menyumbangkan medali untuk Indonesia. Tapi, target saya di sini awalnya memang untuk memecahkan rekor saya sendiri,” kata Riadi kepada ANTARA di Huanglong Sports Centre Stadium, China.

Adapun Riadi turun sebagai wakil Indonesia di nomor lempar cakram F54/55/56 pada Asian Para Games edisi keempat ini. Riadi berada di peringkat keempat dengan lemparan terbaik sejauh 33,57 meter.

Semua medali di nomor ini diboyong oleh tiga atlet asal India. Neeraj Yadav berhasil meraih medali emas (38,56 meter), lalu dua rekan kompatriotnya yakni Yogesh Kathuniya dan Muthuraja masing-masing mengamankan perak dan perunggu.

Baca juga: Riadi bangga sebagai pembawa bendera di pembukaan APG Hangzhou

Saat ditanya apakah ada tantangan tersendiri saat melakoni laga hari ini, pembawa Bendera Merah Putih pada defile atlet upacara pembukaan Asian Para Games 2022 Hangzhou tersebut mengaku tidak terlalu merasa tegang, hanya saja, durasi pertandingan yang lama yaitu dari sore hingga malam memang cukup melelahkan.

“Di Asia sendiri, untuk kelas saya memang sebelumnya sudah saya prediksi (kalau wakil India akan tampil kuat). Di kelas saya, ada Iran dan India yang merupakan pesaing berat. Kali ini tidak ada (wakil) Iran, tapi ada banyak wakil India (di nomor pertandingan ini). Ini pun kelasnya digabung dari tiga kelas yaitu 54/55/56,” ungkap Riadi.

“Ketiga medali diraih sama India semua. Namanya pertandingan, apa pun bisa terjadi. Saya sudah berusaha maksimal dan saya akui mereka lebih tangguh,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Riadi pun membagikan semangat untuk rekan-rekan atlet di cabang olahraga lainnya yang masih akan bertanding sepanjang pekan ini di Hangzhou.

“Untuk teman-teman yang belum bertanding, semangat, maksimalkan kemampuan. Terlepas dari apa pun hasilnya, tetap semangat, karena itu adalah usaha terbaik kita,” kata Riadi.

Sementara itu, Asian Para Games 2022 Hangzhou masih akan bergulir hingga Sabtu (28/10).

Baca juga: CdM Asian Para Games nilai perjalanan atlet sesuai target
Baca juga: Menpora sebut progres pencapaian medali APG Hangzhou sesuai rencana

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto



 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023