Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Amuntai, Kalimantan Selatan, menyediakan layanan bimbingan kerohanian bagi para pasien sebagai bentuk kepedulian yang sehat kepada yang sakit dan memberikan ketenangan batin serta keteduhan hati kepada pasien dalam menghadapi penyakitnya.

Plt Kabag Administrasi Umum dan Keuangan RSUD Pambalah Batung Sugiharmi, mengatakan kehadiran Kelompok Kerja Penyuluh Agama (Pokjaluh) Islam dan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI)(FKPAI) di Rumah Sakit untuk memberikan penyuluhan kepada pasien dan ini memiliki manfaat yang sangat positif.

Baca juga: Pemkab HSU berikan penghargaan untuk perpustakaan desa terbaik tingkat nasional

“Alhamdulillah banyak masyarakat kita terbantu dengan adanya bimbingan rohani islam ini,” kata Sugiharmi di HSU, Senin.

Sugiharmi melanjutkan, terutama kepada pasien dan juga keluarga pasien untuk memberikan kekuatan secara batiniah agar pasien sabar dan ikhlas bahwa semua penyakit datangnya dari Allah dan dianjurkan untuk ikhtiar mencari obat.

Sementara itu Penyuluh Agama Ahli Madya Bimbingan Rohani Islam RSUD Pambalah Batung, Nawawi Abdurrauf berharap bahwa dengan kehadiran Pokjaluh dan FKPAI di rumah sakit ini, mereka dapat menjalankan tugas penyuluhan bimbingan rohani dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien.

Baca juga: Pemkab HSU dan PT Adaro Indonesia gelar operasi katarak gratis

Nawawi menuturkan, pelayanan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan spiritual pasien yang diharapkan dapat membantu dalam proses penyembuhan pada pasien.

Nawawi juga menambahkan, ada beberapa tujuan dari bimbingan penyuluhan ini di antaranya adalah memberikan pengertian kepada pasien dan keluarganya agar tetap bersabar dan berdoa, memberikan bimbingan kepada pasien dalam menghadapi musibah dan ujian, serta membimbing perasaan pasien agar tetap tenang.

"Mengingatkan pasien agar tetap berbaik sangka kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, memberikan pelayanan rohani kepada pasien," ujarnya.

Diketahui, sebanyak 25 penyuluh rohani islam yang terdiri dari kelompok kerja penyuluh (Pokjaluh) dan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) yang berasal dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023