Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu memprakirakan seluruh kabupaten di Kalimantan Selatan, mengalami hujan ringan hingga hujan disertai petir yang akan terjadi pada 20 Oktober 2023 pada siang hari.

"Berdasarkan informasi BMKG Kalsel yang dikeluarkan dalam lamanya juga mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan badai antara siang dan sore hari di wilayah Kota/Kabupaten Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru dan Tabalong," kata Kepala Sub Bidang Kedaruratan Bencana pada BPBD Tanah Bumbu Mukhtar Halim, di Batulicin Jumat.

Dia mengatakan, waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat antara siang dan sore hari juga akan terjadi di wilayah Kabupaten Balangan dan sekitrarnya. Suhu udara mencapai 25-34 derajat, kecepatan angin 20 km/jam dan kelembapan udara mencapai 55-95 persen.

langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mengurangi resiko saat terjadi bencana angin puting beliung yakni membawa masuk barang-barang yang ada di luar ke dalam rumah agar tidak terbang tersapu angin.

Masuk ke dalam rumah dan kunci semua pintu. Matikan semua aliran listrik untuk mencegah terjadinya korsleting yang bisa memicu kebakaran.

Segera jongkok dan bungkukkan badan ke lutut sembari kedua tangan mendekap lutut atau kaki, dan jangan bertiarap di atas tanah apabila terlihat adanya potensi petir

Apabila berada di luar ruangan, hindari bangunan tinggi, tiang listrik, papan reklame, pohon. Sebab, semuanya bisa roboh ketika dihantam angin

"Tetap terapkan perilaku hidup sehat dan bersegera untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami luka selama masa evakuasi, agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin," jelasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023