Dinas Sosial (Dinsos) Tanah Laut, Kalimantan Selatan menggelar pelatihan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Muda, di Aula Diklat Loka Bina Praja Pelaihari,  dari 16 Oktober sampai dengan 18 Oktober 2023.

Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos Tanah Laut  M Yuliansyah  mengatakan, pelatihan diikuti sebanyak 20 orang Tagana Muda dengan pemateri dari tim Dinsos Kalsel. 

"Saat ini kita hanya memiliki 14 orang Tagana dan hari ini kita mulai latih 20 orang Tagana Muda baru dengan tujuan mengenalkan program bencana bagi calon Tagana Muda," kata Yuliansyah dalam siaran pers diterima, Selasa. 

Dia berharap,  para Tagana Muda memiliki bekal cukup sebelum terlibat langsung dalam kegiatan kebencanaan. 

"Kita berharap Tagana Muda yang baru direkrut dapat mengetahui program bencana dan ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kebencanaan," tutup Yuliansyah.

Ketua Dewan Adat Dayak Kalimantan Selatan (DAD Kalsel) Abdul Kadir mengapresiasi Dinsos Tanah Laut menggelar pelatihan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Muda tersebut.

Dia berharap, pelatihan tersebut bisa dilaksanakan per kecamatan se-Tanah Laut, agar semua bisa mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) diwilayahnya masing- masing.

" Semoga kegiatan tersebut bermanfaat bagi daerah dan masyarakat Tanah Laut," tutupnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023