Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan empat daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan masih dibayangi kabut asap pada Sabtu (7/10) pagi hingga Ahad (8/10) dinihari.
 
Empat daerah yang diprakirakan dilanda kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yakni Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar dan Barito Kuala yang terpantau pagi hari.
 
Memasuki Ahad dinihari, empat daerah itu masih dibayangi kabut asap kecuali Kabupaten Barito Kuala yang kondisinya menjelang peralihan hari itu, kondisi cuacanya cerah berawan.
 
Sementara itu, delapan daerah lainnya di Kalsel diprakirakan cerah pada pagi hari, menjelang siang berawan dan malam hari hingga dinihari, cuacanya kembali cerah berawan.
 
BMKG juga menyampaikan peringatan dini waspada potensi kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Kalsel yang dapat menyebabkan munculnya kabut asap di setiap wilayah.
 
Peringatan dini juga disampaikan bagi kapal nelayan, tongkang dan kapal feri terhadap potensi gelombang tinggi yang mencapai 2,5 meter di perairan Selatan Kalimantan (Laut Jawa).
 
Prakiraan cuaca di Kalsel yang disampaikan BMKG melalui laman https://stamet.syamsudinnoor.bmkg.go.id/ berlaku mulai Sabtu (7/10) mulai pukul 08.00 WITA hingga Ahad (8/10) pukul 08.00 WITA.
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023