Sebanyak 488 jamaah calon haji Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan siap diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah untuk menjalankan ibadah haji.



Ratusan jemaah yang diberangkatkan terpisah pada dua kelompok terbang itu dilepas Bupati Banjar Khairul Saleh dari Mahligai Sultan Adam Martapura, Senin. 

"Kami berharap sebelum berangkat seluruh jamaah menjaga kesehatan baik fisik maupun mental sehingga bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji," kata bupati. 

Ia mengingatkan, setiap jamaah harus menjaga kesehatan baik dengan menjaga pola makan, berolahraga maupun memperbanyak istirahat sehingga tetap sehat dan siap diberangkatkan sesuai jadwal yang ditetapkan.

Di sisi lain, kata dia, setiap jamaah juga diharapkan menjaga kesiapan mental dengan banyak mengamalkan doa-doa dan bacaan yang berkaitan dengan ibadah haji sehingga khusuk saat berada di tanah suci.

"Menjaga kesehatan fisik sangat diperlukan sehingga bisa berangkat di samping kesiapan mental menghadapi ujian selama perjalanan maupun saat menjalani rangkaian ibadah haji," ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar Quzwini mengimbau jamaah jangan membawa barang bawaan berlebihan sehingga tidak mengganggu saat menjalankan rangkaian ibadah haji.

"Tujuan berhaji adalah menjalankan ibadah suci sehingga jamaah jangan membawa barang-barang yang tidak diperlukan dan bisa merepotkan saat berada di tanah suci," katanya.

Dikatakannya, setiap jamaah hendaknya juga menjaga silaturahmi dan persaudaraan dengan jamaah haji lain yang berasal dari berbagai suku dan bangsa di dunia sehingga tenang selama beribadah.

Jamaah haji Kabupaten Banjar berangkat menuju tanah suci terpisah pada dua kloter yakni kloter 2 bergabung dengan jamaah dari Banjarbaru dan Banjarmasin yang dijadwalkan berangkat pada 9 Oktober 2011.

Kemudian, kloter 8 bergabung dengan jamaah dari Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu Provinsi Kalsel yang dijadwalkan menuju Tanah Suci pada tanggal 20 Oktober 2011.zal/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011