Pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cerika Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan Sri Rahayu mengatakan, untuk pengembangan keterampilan kerja sesuai kebutuhan industri dunia usaha dan dunia kerja LPK Cerika Batola memberikan pendidikan Kejuruan Komputer Aplikasi Perkantoran Tahun 2023  kepada 40 orang peserta.

"Kegiatan ini bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kursus dan Pelatihan  Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi,”ujar Pimpinan LKP Cerika Batola Sri Rahayu, di Marabahan, Rabu.

Baca juga: Wabup Banjar minta calon Paskibraka jalankan tugas dengan sempurna

Program pendidikan kecakapan kerja, menurut  dia, merupakan program pemerintah dalam pengembangan keterampilan kerja sesuai kebutuhan industri dunia usaha dan dunia kerja

Selain itu, sebut dia, memberikan kompetensi dengan penyerapan lulusan peserta didik dengan bekal pengetahuan, keterampilan dan pendidikan karakter dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal bekerja. 

Untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta keseriusan peserta, agar mempermudah dalam penyaluran kerja, ungkap dia, sebelum mengevaluasi calon pekerja yang unggulan dari pendaftar berjumlah 83 calon pendaftar diseleksi menjadi 40 orang peserta didik. 

“LKP Cerika Batola melakukan beberapa tahapan seleksi. Pertama rekrutmen terdiri dari seleksi berkas online dan offline,” terangnya.

Selanjutnya, dilakukan tes tertulis, baik itu pengetahuan tentang komputer dasar maupun wawancara terhadapat peserta seleksi.

Proses pembelajaran, jelas dia, dilakukan secara luring dan pembelajaran teori serta praktek dengan materi keterampilan Komputer Aplikasi Perkantoran selama 120 jam pelajaran, tediri dari sistem operasi, pengolahan kata, pengolahan angka, pengolahan data, presentasi dan internet. 

“Untuk materi tambahan meliputi,  pendidikan karakter dan ketenagakerjaan selama delapan jam pelajaran. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan dari tanggal 29 Agustus 2023 sampai dengan 16 Oktober 2023,”tegasnya.

Kemudian, sambungnya, untuk maksimalnya pembelajaran, kelas dibagi menjadi dua kelompok belajar, yaitu 20 peserta untuk masing-masing kelompok belajar dengan waktu pembelajaran 34 hari kerja setiap hari Senin sampai Sabtu kecuali hari libur nasional. 

Baca juga: Kesbangpol Tanah Laut tes urine anggota Paskibraka terpilih 2023

Untuk jam masuk, papar dia,  kelompok belajar pertama pada pukul 08.00 sampai 12.00 Wita dan kelompok belajar kedua pada pukul 12.00 sampai 16.00 kecuali hari Jum’at kelompok belajar kedua pada pukul 13.00 sampai 17.00 Wita. 

“Setelah pembelajaran selesai peserta akan melakukan ujian," terangnya.

Ujian lokal dan uji kompetensi, tambah dia,  menggunakan Lembaga Sertifikasi Kompetensi. 

"Perlu diketahui memiliki sertifikasi akan memberikan nilai tambah kompetensi seseorang telah diakui untuk menunjang karir profesional, terutama dibidang Komputer Aplikasi Perkantoran,” demikian tutupnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batola H Sumarji mengatakan, meminta kepada para peserta mengikuti dengan baik pelatihan Komputer Aplikasi Perkantoran digelar LPK Cerika.

"InsyaAllah kalau ini diikuti dengan baik pasti akan berubah minset peserta didik mendapat wawasan, pengetahuan baru dan pasti akan membawa oleh-oleh terutama tentang pengetahuan komputer," tandasnya.

Karena, ucap dia, sudah didukung dari mitra kerjasama industri dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA) seperti PT Telenta Bumi, Disnakertrans, PT Sempurna Raya Sentosa, CV Agra Batuah Indonesia, CV Sumber Rahmad Abadi, CV Nipures Citra Bakumpai.

Baca juga: Lima putra putri HSS jalani diklat Paskibraka provinsi

Dia berharap, para peserta pelatihan dapat semakin terbentuk diseluruh IDUKA dan peserta siap kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran  di Kabupaten Batola.
Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cerika Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar pendidikan pelatihan Aplikasi Komputer Perkantoran 2023, di Marabahan.(ANTARA/HO).

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023