Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Sebagai bentuk keperdulian sosial terhadap masyarakat dalam hal pemenuhan hidup layak. Kodim 1022/TNB  bersama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, sukses melakukan kegiatan bedah rumah sebanyak 74 unit rumah  yang tersebar di wilayah Koramil masing masing pada 8 Kecamatan Kabupaten  tersebut.

Prosesnya ini  berlangsung selama 70 hari. "Alhamdullih  sejumlah   74 unit   rumah warga dengan kondisi  kurang layak huni itu berhasil di bangun  oleh jajaran TNI dan instansi Pemda terkait termasuk juga masyarakat setempat, yang  turut  serta melibatkan diri  sehingga proses pembangunannya sesuai pada target yang diharapkan,"kata Komandan Kodim 1022 Letkol Inf. Mustakim, di Batulicin.

Lanjutnya , kegiatan ini merupakan sinergitas Pemkab Tanbu dan Kodim 1022  bernama  Karya Bhakti Swakelola Bedah Rumah 2016  yang tiada lain  bertujuan meningkatkan kehidupan sosial masyarakat lebih baik,  serta implementasi pembinaan teritorial TNI sebagai komponen pertahanan dalam  mewujudkan pilar dari kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Dengan demikian pihak Kodim 1022 sangat mengapresiasi secara  penuh atas prakarsa yang di lakukan Pemkab Tanah Bumbu sehingga kegiatan ini berjalan sesuai sasaran. Menurutnya Program ini sangat menyentuh nilai kemanusiaan dan sangat di butuhkan oleh masyarakat, kerena mana rumah hunian  termasuk 3 kebutuhan dasar pokok manusia, yakni sandang, pangan papan."Kami berharap program ini terus berkelanjutan  kerena bagi  Kodim 1022 kegiatan ini dapat di jadikan sarana pembinaan Teritorial menuju kemananggulan TNI dan Rakyat,"pungkasnya.

Di tempat terpisah, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming turut menanggapi gelar Karya Bhakti Swakelola Bedah Rumah tersebut. Dirinya menilai aksi sosial ini merupakan bentuk  upaya Pemerintah Daerah dan pihak TNI guna meningkatan derajat hidup masyarakat  kelas bawah  yang  tidak memiliki rumah layak huni.

Keperdulian ini sambungnya perlu ada keterlibatan semua pihak. Disamping itu, TNI bersama Pemerintah Daerah  perlu adanya saling bahu membahu guna melaksanakan program pemerintah terkait program kesejahteraan sosial masyarakat berkelanjutan.

"Sebelumnya kerjasama sudah kerap dilakukan,  ini tidak hanya dilakukan pihak Kodim 1022 Tanbu. Belum lama tadi Pemerintah Daerah juga turut bekerjasama dengan pihak Pangkalan TNI Angkatan Laut  Kotabaru Tanah Bumbu  dengan melakukan kegiatan serupa, sesuai sasaran pada masyarakat yang tidak mampu ,"terang Mardani.

Sementara itu, telah tercatat  bedah rumah yang sudah di kerjakan. Yakni. Kecamatan Simpang Empat sejumlah 9 unit . Kecamatan Batulicin sejumlah  20 unit. Kecamatan Kusan Hulu  sejumlah 9 unit, Kecamatan kusan Hilir sejumlah   8 rumah,  Kecamatan Sungai loban  sejumlah 7 unit. Kecamatan Kusan Hulu sejumlah 10 Unit .Kecamatan  Kuranji senumlah 5 unit . Kecamatan Satui 13 unit. Kemudian Kecamatan Angsana 2 Unit. Total keseluruhan 74 unit rumah.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016