Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan Ardiansyah menerima Bendera Kirab Pemilu 2024 dari ketua KPU Hulu Sungai Utara (HSU) Ihsani Rahmani di Taman Giat Tanjung, Selasa.
 
Program nasional yang dilakukan dalam menyongsong satu tahun pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 dihadiri Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, forum koordinasi pimpinan daerah dan perwakilan parpol peserta pemilu.
 
"Bendera kirab akan kita bawa keliling ke seluruh kecamatan untuk mencapai basis pemilih sekaligus sosialisasi pendidikan pemilih," jelas Ardiansyah di Tabalong, Rabu.
 
Lokasi pawai kirab mulai pusat Kota Tanjung dan sekitarnya, Kecamatan Banua Lawas, Muara Uya serta titik terakhir di Pendopo Bersinar, Kecamatan Murung Pudak.
 
Selain menerima bendera kirab Ardiansyah juga memimpin deklarasi pemilu damai sebagai sarana integrasi bangsa diikuti seluruh peserta dan undangan .
 
Deklarasi damai pemilu 2024 menekankan empat hal yakni saling menghargai dan menghormati hak dan perbedaan masing-masing peserta pemilu.
 
Peserta pemilu menolak segala bentuk kecurangan, ketiga komitmen menjaga keutuhan NKRI dengan tidak melakukan politisasi sara serta tidak melakukan politik uang dengan bentuk dan alasan apapun.
 
 Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan pelaksanaan Kirab Pemilu 2024 diharapkan mampu membangun kepercayaan masyarakat guna meningkatkan partisipasi pemilih.
 
“Bangun kepercayaan karena tingkat partisipasi yang tinggi, semangat dan kerja keras akan sangat ditentukan oleh keikhlasan ketulusan kawan-kawan penyelenggara,” jelas Anang.
 
Selanjutnya kirab ini mengingatkan semua elemen masyarakat masyarakat, penyelenggara pemilu, TNI/Polri dan para pihak lainnya untuk melaksanakan pemilihan umum yang jujur, adil dan demokratis.
 
Bagi Anang bagian terpenting dalam pemilu mendatang adanya peningkatan partisipasi masyarakat mengingat pemilu sebelumnya tingkat partisipasi masyarakat kurang 80 persen.

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023