Gabungan Kelompok Tani atau Gapoktan "Sumber Makmur II" Desa Beringin Jaya Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala (Batola) Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima bantuan mesin panen Combine Harverter Besa, Selasa.

"Mesin panen itu dari Dinas Ketahanan Pangan Kalsel yang masuk Rencana Kerja Anggaran (RKA)," ujar anggota Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD provinsi setempat, H Karlie Hanafi Kalianda saat menyerahkan bantuan tersebut.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel III/Kabupaten Batola itu menerangkan, bantuan mesin panen melalui usulannya sebagai tindak lanjut dari aspirasi warga masyarakat setempat atau hasil reses beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, saat reses di Desa Beringin Jaya beberapa waktu lalu ada usulan atau proposal merupakan aspirasi yang harus Karlie Hanafi perjuangkan ke tingkat provinsi sejauh memungkinkan.

Proposal tersebut berupa permintaan alat panen kombinasi dan Karlie meneruskan permohonan itu ke Dinas Ketahanan Pangan Kalsel yang merupakan mitra kerja Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD provinsi setempat yang juga membintangi pertanian secara umum.

"Ternyata Dinas Ketahanan Pangan Kalsel memasukan usulan atau aspirasi masyarakat yang disampaikan Karlie Hanafi ke dalam RKA, dan tidak memakan waktu lama direalisasikan penyerahan satu unit mesin panen combaine harverter besar atau  'inari' dengan nilai ratusan juta rupiah," tuturnya.


Pada acara penyerahan di hadapan Kepala Desa Beringin Jaya, serta sejumlah pengurus Gapoktan Sumber Makmur II, Karlie mengajak mereka yang hadir untuk tidak henti-hentinya bersyukur atas rahmat dan karunia dari Allah, SWT.

Ia berharap, bantuan mesin panen Combine Harverter Besar merupakan pancingan, semoga hasil panen ke depan menjadi lebih meningkat dan petani termotivasi untuk menambah membeli sendiri mesin serupa, yang mereka aminkan.

Sedangkan Kepala Desa Baringin Jaya, Lazuardi pada kesempatan itu menyampaikan kepada Karlie Hanafi yang memperjuangkan aspirasi masyarakat di wilayahnya

“Keberadaan mesin panen combine ini tentu saja akan sangat membantu masyarakat petani terutama saat menyambut musim panen yang biasanya kewalahan karena dilakukan secara manual saja,” ujar Kades Baringin Jaya yang warganya sekitar 90 persen bermata pancaharian sebagai petani.

Pada kesempatan itu Lazuardi bersama warganya berharap silaturahmi dengan Karlie Hanafi terus terjalin dengan baik. “Kami sudah merasakan keberadaan sosok Pak Karlie sebagai wakil rakyat benar-benar banyak mendatangkan manfaat bagi masyarakat di daerah ini,” katanya.

Menurut dia, sosok Karlie Hanafi begitu peduli, memperhatikan dan berusaha melaksanakan atau merealisasikan apa yang menjadi aspirasi masyarakat/konstituennya.

“Mudah-mudahan Pak Karlie selalu dilimpahi kesehatan dan terpilih kembali menjadi anggota DRPD Kalsel pada Pemilu 2024 mewakili kami,” harap Lazuardi. 
Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Karlie Hanafi Kalianda saat menyerahkan satu unit mesin panen Combine Harverter Besar untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Makmur II, Desa Beringin Jaya Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala, Selasa (11/7/23). (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023