Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyambut langsung kedatangan jamaah haji Kloter pertama Embarkasi Banjarmasin pada Senin dinihari.
 
Kloter pertama Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan dari Kabupaten Banjar tiba di tanah air sekitar pukul 00.49 WITA dari Jeddah, Arab Saudi.
 
Para jamaah langsung di bawa ke Aula di Asrama Haji di Kota Banjarbaru untuk mengikuti penyambutan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor didampingi Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr H Muhammad Tambrin.
 
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyatakan sangat bergembira para jamaah haji Kloter pertama yang berjumlah 327 orang kembali dengan selamat dan sehat.
 
"Berangkat sebanyak 327 orang, kembali tetap sebanyak 327 orang, Alhamdulillah tetap sama," ujarnya.
 
Apalagi menurut laporan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tadi, ucap dia, jamaah haji yang pakai kursi roda tinggal empat orang saat pulang ini.
 
"Padahal saat berangkat banyak, Alhamdulillah, sehat bisa berjalan, moga yang masih pakai kursi roda juga sehat dan tidak pakai kursi roda lagi nantinya," ucap Gubernur.
 
Dia pun merasakan bagaimana rindunya para jamaah haji akan kampung halaman dan keluarga di rumah.
 
"Juga makanan Banjar pastinya, moga kerinduan semuanya itu bisa terobati, yang pasti moga semua mendapat haji yang mabrur," ujarnya.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat menyambut kedatangan jamaah haji Kloter pertama Embarkasi Banjarmasin pada Senin dinihari. (ANTARA/Sukarli)
 
Dia pun juga berdoa dan berbelasungkawa atas wafatnya para jamaah haji, khususnya Embarkasi Banjarmasin sebanyak sembilan orang, moga diberikan Allah SWT pahala haji mabrur bagi syuhada haji tersebut.
 
Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan, sesuai data kedatangan jamaah haji Kloter pertama ini yang diberangkatkan sebelumnya pada 29 Mei 2023 sebanyak 327 orang, pulangnya tetap berjumlah demikian.
 
Bahkan, ungkap dia, sebanyak 28 jamaah haji yang mulanya diberangkatkan pakai kursi roda, tinggal empat orang yang masih sama.
 
"Puluhan lainnya tidak pakai kursi roda lagi, Alhamdulillah setelah haji sehat," paparnya.
 
Dia pun menyampaikan, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 18 Kloter dengan jumlah jamaah haji sebanyak 5.708 orang beserta petugas haji.
 
Di mana, ungkap dia, sebanyak sembilan orang jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang memberangkatkan dari Kalsel dan Kalteng tersebut telah meninggal dunia di Tanah Suci.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023