Jelang Hari Raya Idul  Adha 1444 Hijriyah/2023, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan menyiapkan tiga pos pemeriksaan dalam rangka memantau lalu lintas pengiriman hewan kurban  berasal dari Tanah Laut.

“Dua titik ada di Kecamatan Bati-Bati, tepatnya di Desa Banyu Irang dan Desa Pandahan, satu titik lagi ada di Kecamatan Bumi Makmur,” jelas Kepala Disnakkeswan Tanah Laut Iwan Persada , di Pelaihari, Selasa.

Iwan menjelaskan, tujuan adanya pemeriksaan tersebut untuk memastikan ternak yang bakal menjadi hewan kurban benar-benar dalam keadaan  layak. 

Meskipun sebelumnya tidak pernah ada temuan negatif selama kegiatan  dilakukan, jelas dia, kegiatan itu  untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap pembeli.

“Namun, apabila ternyata dijumpai hewan yang sakit atau belum layak jadi kurban, kami akan minta dikembalikan ke kandang untuk dirawat agar sehat dan pemotongan pun ditunda," tegasnya.

Karena Disnakkeswan Tanah Laut, papar dia,  punya dokter hewan dan tim medis lainnya yang siap membantu.

Selain terkait kesehatan, sambung dia,  tim bertugas pada pos pemeriksaan juga memastikan retribusi pengiriman benar-benar sudah diselesaikan.

“Apabila belum, pengiriman tidak boleh dilanjutkan sebelum retribusi selesai,” tambahnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, rencanakan pemeriksaan pada tiga titik pos berlangsung dari Selasa (27/6) hingga Rabu (28/6). 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023