Kotabaru,  (AntaranewsKalsel) - Industri semen merk Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menyelenggarakan "Indocement Awards 2016" dengan total hadiah sebesar Rp270 juta.


"Periode 2016 merupakan tahun kelima pelaksanaan dwitahunan Indocement Awards 2016," kata Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Sahat Panggabean dengan didampingi Manajer Operasional PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Plan Tarjun Tantowi Jauhari di Kotabaru, Sabtu.

Indocement Awards 2016 merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada para kontraktor, developer, arsitek, akademisi, peneliti mahasiswa dan siapapun yang berhasil menunjukkan kinerja, karya, inovasi serta kreativitas di dunia kontruksi di Indonesia.

Dikatakan, masa pendaftaran berakhir Agustus, dan presentasi final akan dilangsungkan Oktober-November.

Pada kompetisi tahun ini, lanjuut dia, terdapat enam kategori yang diperlombakan, yakni, Architectural Desigen (umum), Writing Competition (umum), Indocement Development Awards (developer), Indocement Contraktor Awards (kontraktor), Fabricated House Competition (mahasiswa/perguruan tinggi) dan Concrete Competition (tidak terbuka untuk umum).

Dia menjelaskan, pengumuman pemenang dan malam penghargaan akan dilaksanakan pada 11 November 2016 bertepatan dengan Hari Bangunan Indonesia yang ke-3.

Selain itu, Indocement juga menggelar kompetisi penelitian ilmiah keanekaragaman hayati pertama di Indonesia yang dilaksanakan secara serentak di lebih 20 negara yang terdapat "Heidelberg Cement Group".

Penyelenggaraan Quarry Life Awards (QLA) atau penelitian ilmiah keanekaragaman hayati pada 2016 merupakan penyelenggaraan ketiga secara internasional dan kedua secara nasional.

"QLA merupakan wujud komitmen Indocement untuk membangun kawasan konservasi keanekaragaman hayati di lahan tambang sekaligus menyebarkan semangat kepada generasi muda dan peneliti," kata Sahat dalam acara buka puasa bersama insan pers Kotabaru.

Dikatakan, panitia QLA telah menerima 299 proposal penelitian dari seluruh kategori.

Pada Maret terpilih lima proposal terbaik untuk kategori umum serta delapan proposal terbaik untuk kategori pelajar.

Saat ini peserta terbaik sedang melakukan penelitian dan penyusunan laporan akhir, dimana seluruh peserta diharapkan menyelesaikan laporan akhirnya pada 30 September 2016.

"Pengumuman pemenang QLA direncanakan pada 6 November 2016," jelas Sahat

Sementara itu, Indocement khusus unit pabrik Tarjun melaksanakan program CSR, di antaranya, partisipasi keikutsertaan stamnd Indocement pada pameran saijaan Expo 2016, bantuan pembangunan ruang kelas untuk Taman Pendidikan Alquran (TPA), dan bantuan sarana tempat ibadah.

Bantuan alat tangkap ikan untuk dua kelompok nelayan, dan bantuan pembuatan siring jalan, bantuan pembangunan Posyandu.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016