Penjabat Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan Mujiyat  menyerahkan dokumen Rencana Induk Pelabuhan (RIP) dan Detail Enginering Desain (DED) Pembangunan/ Peningkatan Dermaga II Marabahan (lokasi dermaga pasar marabahan) kepada Plt. Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia di Jakarta,  Kamis.

"Saya berharap dengan diserahkannya dokumen ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  RI bisa segera mengakomodir pelabuhan menghubungkan antara Kecamatan Marabahan (ibukota kabupaten) dengan Kecamatan Bakumpa," ujar Mujiyat, di Marabahan.

Menurut dia,  jika pelabuhan dibangun  dapat ikut meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya Kecamatan Bakumpai dan sekitarnya.

Pelaksana Tugas Direktur Transportasi Sungai  Danau dan Penyeberangan Kemenhub RI Junaidi mengatakan, semua usulan akan di akomodir di Kemenhub pada tahun angggaran  2024. 

Namun dengan syarat, jelasnya, semua data dukungnya sudah lengkap.

Kadishub Batola Nor Ipani mengungkapkan, semua usulan pelabuhan sudah diusulkan sejak tahun 2019,  namun sampai sekarang masih belum di realisasikan.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023