Jakarta, (Antaranews Kalsel) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu dibuka melemah tipis sebesar 1,84 poin atau 0,04 persen menjadi 4.876,87.

"IHSG bergerak bervariasi, sempat mengalami tekanan di awal perdagangan, namun dalam perjalanannya indeks kembali bergerak menguat," kata analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pergerakan indeks BEI itu dipengaruhi oleh sentimen eksternal yang cenderung negatif sementara dari dalam negeri cenderung positif. Sebagian pelaku pasar khawatir sentimen Brexit (Inggris keluar dari Uni Eropa) mempengaruhi pasar keuangan di Indonesia.

Sementara dalam negeri, lanjut dia, sentimen domestik mengenai relaksasi ketentuan Loan to Value Ratio (LTV) serta penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) menjadi sentimen positif bagi saham sektor properti.

Terpantau, pada pukul 09.45 WIB IHSG BEI berada di area positif atau naik 13,79 poin (0,30 persen) ke posisi level 4.892 poin.

Kepala Riset Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan bahwa Inggris akan segera menentukan nasibnya apakah bertahan dalam Uni Eropa atau keluar. Jika Inggris keluar dari Uni Eropa, banyak pihak yang memperkirakan bahwa bakal terjadi keguncangan finansial dari perekonomian Eropa dan khususnya Inggris.

"Pengaruh pada perekonomian Indonesia sebenarnya minim. Akan tetapi, karena jika Inggris keluar dari Uni Eropa maka bursa global akan terkena dampak negatif, sentimen tidak langsung dari bursa global itu yang bisa mempengaruhi IHSG terkena terkoreksi," ucapnya.

Sejauh ini, lanjut dia, hasil dari lembaga polling masih menunjukkan bahwa rakyat Inggris cenderung memilih untuk bertahan dalam Uni Eropa.

Ia memperkirakan dengan sentimen yang nisbi bervariasi, IHSG pada hari ini diperkirakan bakal bergerak di kisaran 4.865-4.900 poin dengen kecenderungan naik. Hanya penutupan di bawah level 4.865 poin yang bisa mengakhiri tren naik jangka pendek.

Bursa regional, di antaranya indeks Bursa Hang Seng melemah 92,34 poin (0,45 persen) ke level 20.576,10, indeks Nikkei turun 165,77 poin (1,03 persen) ke level 16.003,34, dan Straits Times menguat 13,01 poin (0,47 persen) ke posisi 2.802,30./f

Pewarta: Zubi Mahrofi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016