Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kalimantan Selatan Sofian AH mengatakan, seluruh angkutan untuk lebaran siap melayani pengguna dari berbagai daerah di provinsi itu.

"Kami sudah mengecek dan seluruh angkutan baik darat, laut dan udara siap melayani penumpang sehingga tidak perlu khawatir tidak terangkut," ujarnya di Banjarbaru, Jumat.

Ia mengatakan, angkutan darat baik angkutan antar kota dalam provinsi maupun angkutan kota antar provinsi sudah mulai beroperasi di terminal-terminal.

Dijelaskan, pihaknya sudah mengecek kelayakan kendaraan roda empat itu dan mayoritas masih dalam kondisi baik sehingga bisa digunakan mengangkut penumpang.

"Setiap angkutan diperiksa kondisi kelayakan dan kelengkapannya untuk memastikan bisa beroperasi maksimal atau tidak sehingga keselamatan di jalan terjamin," ungkapnya.

Menurut dia, angkutan darat di Kalsel tidak terlalu besar pengaruhnya seperti di Pulau Jawa sampai terjadi lonjakan hingga penumpang tidak terangkut ke tujuan.

"Kalsel relatif lebih terkendali angkutan kotanya karena mayoritas tujuan antar kota dalam provinsi, beda dengan Pulau Jawa yang melintasi hingga keluar provinsi," ucapnya.

Kemudian, angkutan laut melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin juga sudah melayani penumpang baik yang berangkat ke luar pulau maupun yang datang ke Kalsel.

"Kapal penumpang siap melayani sesuai rute dan jika terjadi lonjakan maka akan diminta bantuan dari kapal milik angkatan laut ditambah kapal milik Pelni," ucapnya.

Sedangkan angkutan udara melalui Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ada penambahan penerbangan dari dua maskapai yang sudah mendapat persetujuan otoritas bandara.

"Penambahan penerbangan itu dilakukan oleh maskapai menghadapi lonjakan penumpang terutama rute-rute yang banyak penumpang seperti Surabaya," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016