Dinas Perindustrian, Perdagangan  dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Hulu Sungai Utara bekerjasama dengan Dinas Perindagkop Propinsi Kalimantan Selatan menggelar Pelatihan Tehnik Produksi Pengolahan Pangan dari ikan serta kewirausahaan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Raja Kecamatan Amuntai Selatan, Rabu.


Pelatihan yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 14 – 28 September 2011 diikuti sedikitnya 20 orang peserta, dari semua peserta yang ada semuanya  diambil dari pedesaan yang sudah ditentukan oleh Dinas Perindagkop Kabupaten Hulu Sungai Utara.


Kabid Industri  Sri Mainoor mengatakan  pelatihan pengolahan makanan dari ikan marupakan upaya memanfaatkan bahan baku ikan yang cukup  melimpah di daerah ini, serta untuk menumbuh kembangkan sektor kewirausahaan dengan memanfatkan hasil –hasil perikanan.


Dinas Perindagkop Propinsi  Tris Wiboro menambahkan,  ditengah terbatasnya lapangan pekerjaan dan semakin ketatnya persaingan dalam mencari kesempatan kerja, semangat kewirausahaan hendaknya ditumbuhkan pada setiap pencari kerja dengan berani berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja sendiri meski dalam skala kecil. Karenanya dia berharap para peserta proaktif dalam mengikuti pelatihan ini.


Sementara Ketua Dekranasda HSU Ny. Eulsi Rohayati Aunul Hadi dalam arahannya menjelaskan, 80 persen daerah HSU adalah rawa sehingga daerah ini memiliki potensi perikanan yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Hasil perikanan yang ada juga bisa diolah menjadi amplang, abon dan kerupuk, dengan mengolah ikan menjadi pangan olahan seperti tersebut di atas akan dapat menambah nilai jual  selain produk akan bisa bertahan lama.


Pembukaan Pelatihan Tehnik Pengolahan Pangan dari Ikan dan Kewirausahaan ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan kit alat tulis oleh ketua Dekranasda kepada 2 orang peserta perwakilan.him/B


 


 

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011