Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan fokus mempersiapkan jamaah calon haji jika dapat tambahan kuota dari pemerintah pusat.
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menuturkan Kementerian Agama RI mendapatkan tambahan kuota sebanyak 8.000 jamaah calon haji dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi pada musim haji 2023 ini.

Baca juga: Sekda minta JCH Banjarbaru fokus meraih haji mabrur
 
"Jika provinsi kita dapat jatah dari 8.000 kuota tambahan haji tersebut, kita sudah siap jamaah calon haji untuk itu," ujar Tambrin di Banjarmasin, Senin.
 
Pasalnya, kata Tambrin, kuota haji Kalsel sebanyak 3.818 orang sudah terpenuhi, yakni seluruh calon jamaah haji sudah melunasi membayar biaya perjalanan ibadah haji (Bipih).
 
"Bahkan masih ada sebanyak 50 jamaah calon haji cadangan yang juga sudah melunasi Bipih tahun 2023 ini," ungkapnya.
 
Kalsel menutup proses pelunasan Bipih sebesar Rp50.753.057 pada 19 Mei 2023, yakni 100 persen lebih tercapai atau lebih 3.818 orang.
 
Tambrin menyatakan sudah meminta kepada para Kepala Kemenag Kabupaten/Kota se-Kalsel khususnya kepada Bidang dan Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) agar fokus untuk mempersiapkan jemaah calon haji tambahan jika Kalsel mendapatkan kuota tambahan tersebut.
 
"Berdasarkan komposisi jumlah dan lamanya antrean, kita optimis akan mendapatkan tambahan namun dari segi jumlah kita tidak dapat memastikan, yang jelas berapapun nanti yang akan diberikan harus kita maksimalkan untuk dapat terserap semuanya,” katanya.
 
Tambrin meminta agar segera dipersiapkan dari sekarang baik itu jamaah calon haji maupun kelengkapan lainnya.
 
"Sehingga begitu sudah ada kepastian kita bisa langsung bertindak cepat untuk menindaklanjuti," ujar Tambrin.
 
Dijadwalkan, rombongan haji kloter pertama akan masuk asrama haji Embarkasi Banjarmasin pada 28 Mei dan selanjutnya diberangkatkan pada 29 Mei 2023.
 
Operasional keberangkatan haji di Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan 17 Kloter, dengan rincian Kloter jemaah calon haji Kalsel sebanyak 12 Kloter penuh, sedangkan jemaah calon haji Kalteng yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin sebanyak empat kloter dan ditambah satu kloter Gabungan Kalsel dan Kalteng.

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023