Masyarakat di kawasan terpencil di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, tepatnya di Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) kini bisa menikmati akses telekomunikasi berbasis internet.

"Ini merupakan tindakan nyata kami dalam membangun Hulu Sungai Tengah hingga ke pelosok desa. Pada Januari kami melakukan ekspedisi Meratus dengan mengunjungi desa-desa terpencil, terjauh dan terluar," kata Bupati HST H Aulia Oktafiandi dalam keterangan tertulis di Barabai, Senin.

Bupati Aulia mengungkapkan salah satu aspirasi masyarakat adalah permohonan fasilitasi internet satelit agar desa mereka tidak terisolir lagi.

"Hal ini kami wujudkan dengan fasilitasi internet satelit di desa Juhu dan segera menyusul desa Aing Bantai dan Batu Perahu.”ungkap Bupati.

Sementara Camat BAT Misradi mengatakan akses internet sangat diharapkan oleh perangkat desa dan masyarakat di wilayah terpencil.

"Alhamdulillah, sudah bisa akses internet hari ini," kata Misradi.

Misradi menambahkan selain membawa misi pendidikan Bupati Aulia, pihaknya juga mendengarkan aspirasi warga di antaranya terkait fasilitas internet.

"Alhamdulillah, fasilitas internet sudah mulai dirasakan warga Kecamatan BAT," ucapnya.

"Ini sangat membanggakan, di mana ini haisl dari kunjungan Bapak Bupati HST melalui Ekspedisi Meratus yang dilaksanakan pada Januari 2023," ucapnya.
 
Dokumen-Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi memberikan sambutan di Desa Juhu, Kabupaten HST, Kalimantan Selatan, Kamis (26/1/2023). ANTARA/HO-Prokom HST.

Menurut Misradi, hal ini tentu akan sangat bermanfaat dan memudahkan pemerintahan desa berkomunikasi dalam rangka memberikan pelayanan. 

Pada akhir Mei 2023 ini menyusul Desa Aing Bantai dan Desa Batu Perahu juga akan menikmati Internet Satelit ini.  

"Kami atas nama warga Kecamatan Batang Alai Timur mengucapkan terima kasih atas perhatian yang besar dari Bapak Bupati HST untuk membuka keterisoliran informasi desa-desa di Kecamatan Batang Alai Timur," tutur Camat.

Pembakal Desa Juhu Abdul Dunduk melalui video singkat yang diterima menyampaikan atas nama Pemerintah Desa Juhu dan masyarakat mengucapkan terima kepada Bupati HST di mana sudah memberikan fasilitas internet satelit.

"Hal ini dapat mendukung dan memudahkan kinerja pemerintahan desa Juhu sehingga dapat membantu pelayanan masyarakat di desa Juhu," tutup Pembakal.

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023