Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan memprioritaskan rehab dan membangun tiga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di wilayah kerjanya, guna memenuhi ruang lebih luas untuk narapidana.

"Sebanyak tiga Lapas yang nantinya menjadi prioritas pembangunan rehabilitasi, revitalisasi UPT pemasyarakatan," kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kalsel Imam Suyudi di Banjarmasin, Senin.

Terus dikatakannya, tiga Lapas yang menjadi prioritas pembangunan itu di antaranya Lapas Klas IIA Banjarmasin, Lapas Klas IIA Narkotika Karang Intan dan Lapas Klas III Banjarbaru.

Pembangunan dan rehabilitasi itu akan memberikan dampak yang signifikan terhadap upaya penanganan over crowded hunian Lapas/Rutan di Kalimantan Selatan.

Sementara itu Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Fajar B.S Lase di Banjarmasin mengatakan, pembangunan itu nantinya dengan cara merenovasi bangunan lapas dan blok, penambahan blok hunian, revitalisasi Lapas/Rutan yang tidak layak huni.

"Kami datang ke Kalsel ini untuk melakukan verifikasi usulan pembangunan/rehabilitasi/revitalisasi UPT Pemasyarakatan di Kanwil Kemenkumham Kalsel," ucapnya.

Fajar terus mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat yang berisikan pengarahan dari Tim Asistensi dan pemaparan Kalapas Banjarmasin, Kalapas Karang Intan dan Kalapas Banjarbaru.

Pihaknya juga mendengarkan tanggapan/masukan dari Dinas Pekerjaan Umum dan BPKP Provinsi Kalsel terkait dengan Pembangunan/Rehabilitasi/ Revitalisasi UPT Pemasyarakatan dalam APBN-P TA.2016.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016