Dinas Perhubungan (Dishub) Tanah Laut, Kalimantan Selatan bersama Satlantas Polres Tanah Laut,  Kodim 1009/TLA, BNNK Tanah Laut dan Satpol PP Tanah Laut  memeriksa uji petik (Ramp Check) terhadap kendaraan angkutan mudik di Terminal Tanah Habang Pelaihari.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Tanah Laut H Syahrian Nurdin mengatakan kegiatan pemeriksaan tersebut untuk menyambut arus mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Baca juga: ARUS MUDIK - Jelang lebaran Dishub Tanah Laut lakukan ramp check kendaraan bermotor

"Kegiatan ini juga berguna berguna untuk kelancaran lalulintas," ujar Syahrian di Pelaihari, Rabu.

Syahrian meminta pengguna kendaraan mudik tidak menilai negatif terhadap tugas yang dilakukan personel gabungan tersebut, karena pemeriksaan itu untuk keselamatan lalu lintas dan mengurangi risiko kecelakaan.

Selama pemeriksaan, Syahrian mengungkapkan petugas menemukan alasan sopir kendaraan yang berangkat karena atas perintah atau tugas dari atasan tempat bekerja. 

Tidak heran, Syahrian juga menitip pesan kepada para pemilik atau pimpinan dunia usaha yang menugaskan sopir agar selalu memastikan kelengkapan surat menyurat serta kondisi kesehatan sopir.

Baca juga: Pemkab Tanah Laut berikan layanan mudik gratis lebaran bagi warga

“Kami harap, para pemilik atau pimpinan dunia usaha agar memastikan sopir yang bertugas tidak dalam pengaruh minuman beralkohol maupun obat-obat terlarang. Jangan lupa juga pastikan kelengkapan administrasi serta kelayakan kendaraan yang digunakan,” ungkap Syahrian.

Dari kegiatan itu, petugas menemukan 17 kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan beroperasi atau masa berlaku KIR sudah habis.

Sedangkan, satu kendaraan tergolong "Over Dimension Overload (ODOL) dan telah mati KIR.

Selain itu, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tanah Laut mengambil sampel urine terhadap 18 pengendara sepeda.

Baca juga: Hanifah terbantu dengan adanya Lakatan
Dinas Perhubungan (Dishub) Tanah Laut, Kalimantan Selatan  bersama petugas gabungan lainnya yang terdiri dari Satlantas Polres Tanah Laut,  Kodim 1009/TLA, BNNK Tanah Laut dan Satpol PP Tanah Laut  menggelar Ramp Check atau Uji Petik terhadap kendaraan angkutan , di Terminal Tanah Habang Pelaihari,  Selasa (18/4/2023).Foto:ANTARA/HO-DISKOMINFO TANAH LAUT.

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023