Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - PT Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kembali menyalurkan dana kemitraan tahun 2016 sebesar Rp3 miliar.

General Manajer Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana, di Banjarmasin, Selasa mengatakan, penyaluran dana kemitraan untuk wilayah Banjarmasin tersebut bakal dilakukan dua tahap.

"Tahap pertama telah mulai kita salurkan kepada 58 mitra binaannya, semoga melalui dana bergulir tersebut, pengusaha kecil dan menengah dapat mengembangkan usahanya," katanya.

Menurut Jajang, program dana kemitraan ini merupakan dana bergulir, sehingga diharapkan para penerima bantuan bisa mengembalikan dana tersebut secara tertib dan disiplin.

Para mitra, tambah dia, harus ingat bahwa dana pengembalian yang mereka pinjam, akan sangat bermanfaat bagi calon mitra binaan yang akan datang.

Penyaluran dana kemitraan tersebut, diawali dengan Pelatihan Kewirausahaan dan manajemmen usaha bagi mitra binaan Pelindo III selama dua hari 30-31 Mei 2016.

Pelatihan tersebut, menggandeng AP Plus Indonesia, sebuah lembaga pelatihan human action dari Surabaya.

"Selama pelatihan akan diberi materi kewirausahaan, strategi marketing hingga memanfaatkan media online dan mengelola keuangan agar mereka siap menghadapi MEA," kata Dirut AP Plus Bambang Prasetyo.

Program kemitraan Pelindo III Banjarmasin selaras dengan program Pemko Banjarmasin yang ingin melahirkan 2500 wirausaha baru selama 2016.

"Selain memberikan bekal pelatihan usaha, Pelindo akan melakukan kunjungan rutin ke mitra binaan untuk melihat perkembangan usahanya," tambah Hegki.

Selama 2016, Pelindo III Banjarmasin rencananya akan menyalurkan dua tahap dana kemitraan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Di tahun ini akan di salurkan hampir Rp3 miliar rupiah kepada mitra binaan yang tersebar di area kerja Pelindo III Banjaramasin di Kalimantan Selatan dan Tengah.

"Program kemitraan dengan bunga kecil dibanding lembaga keuangan sehingga saya ingi mengembangkan usaha," kata pengusaha katering Indriasti Oktania.

Pewarta: Hery Murdy Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016