Pemerintah Kabupaten Tabalong,Kalimantan Selatan,  mengajukan program pengembangan potensi dan pariwisata desa ke Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

 Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong Erwan Mardani mengatakan saat ini enam desa telah menyiapkan proposal terkait, setelah sebelumnya mengikuti Forum Group Discussion (FGD) bersama Kemendes PDTT.

"Dokumen proposal yang diajukan kepala desa dan camat telah mendapat dukungan dan persetujuan dari Tim Kemendes PDTT," jelas Erwan di Tabalong, Sabtu.

Enam desa yang telah mengajukan proposal, yakni Desa Puain , Desa Kasiau Raya , Desa Garagat,  Desa Habau, Desa Harus, Desa Pamarangan Kanan dan Desa Tanta.

 Erwan menambahkan bantuan sarana dan prasarana pendukung desa wisata mencakup homestay, kios/kedai, gazebo, toilet umum, balai kesenian hingga kolam pemandian.

"Proposal pengajuan juga dilengkapi berbagai data inventaris pariwisata desa, seperti progres pengembangan pariwisata, sarana dan prasarana serta jumlah pengunjung," tambah Erwan.

Terpisah Kepala Bappedalitbang Tabalong Muhammad Noor Rifani mengatakan pihak Kemendes PDTT belum menyebutkan nominal anggaran dan jumlah kuota untuk program pengembangan potensi pariwisata desa.

 “Soal kuotanya kita belum tahu karena memang permohonan ini harus dilengkapi dulu data-data pendukung," jelasnya.

Ia pun berharap seluruh desa di Kabupaten Tabalong baik yang baru memulai atau belum menjalankan pariwisata, dapat berpartisipasi melakukan inventarisir desa untuk pengajuan proposa.

Pasalnya inventarisir tersebut sebagai bahan menyusun masterplan pariwisata di Kabupaten Tabalong.

Dalam FGD di Kementerian Desa PDTT selain diikuti Kepala Bappedalitbang Tabalong Noor Rifani, Kepala DPMD Tabalong, Erwan Mardani juga melibatkan para camat dan sejumlah kepala desa yang sudah menjalankan pariwisata desa.

 Rombongan diterima Ketua Pokja Dua pada Direktorat Sarana dan Prasarana, Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kemendes PDTT RI, Iwan Yuliadi

Selain membahas program stimulan pengembangan potensi pariwisata desa juga disinggung terkait bantuan pembangunan jalan daerah kabupaten dan desa melalui Kemendes PDTT.

 Karena itu Pemkab Tabalong akan menindaklanjuti dengan menginventarisasi 
Jalan yang  rusak, dan memverifikasi untuk diajukan usulan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023