Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah di Kalimantan Selatan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada Senin.

Situs BMKG menyebutkan hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi pada siang hingga sore hari, di wilayah Kabupaten Tanah Laut, Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Hujan lebat disertai petir dan angin kencang tersebut, masih berpotensi terjadi pada nalam hari, di wilayah Kabupaten Tabalong.

Sementara itu pada dini hari, hujan lebat disertai petir dan angina kencang, kembali terjadi di wilayah  Kabupaten Tanah Laut, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Berikut link prakiraan cuaca dari situs BMKG: https://stamet.syamsudinnoor.bmkg.go.id/#prettyPhoto
 
Ilustrasi - Hujan lebat disertai petir dan angin kencang, terjadi disalah satu lokasi pemancingan di Wilayah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar (ANTARA/Latif Thohir)


Akibat tingginya intensitas hujan tersebut, beberapa wilayah terdampak dengan status waspada antara lain, Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Tapin,  Barito Kuala, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

BMKG mengimbau warga waspada terhadap dampak dari tingginya intensitas hujan tersebut, yang dapat menyebabkan jembatan rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi dalam skala menengah, volume aliran sungai meningkat/banjir, aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat skala menengah.

Berikut link prakiraan cuaca dari situs BMKG: https://signature.bmkg.go.id/?-3.788,110.962,6
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023