Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tapin menyerahkan bonus untuk para atlet yang berhasil meraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Selatan 2022. 

"Alhamdulillah, setelah kita perjuangkan nilai bonus naik dari sebelumnya," ujar Ketua KONI Tapin Juanda usai menyerahkan bonus secara simbolis kepada atlet, Senin.

Berikut nilai medali perorangan - double Rp20 juta (emas), Rp15 juta (perak) dan Rp10 juta (perunggu). Kemudian untuk beregu (>3/<6 orang) Rp22,5 juta (emas), Rp17,5juta (perak) dan Rp12,5 juta (perunggu). 

Sedangkan untuk kategori beregu (> 7 orang) Rp27,5 juta (emas), Rp22,5 juta (perak) dan Rp17,5 juta (perunggu).

"Kami (KONI) bersama pemerintah daerah memohon maaf dan pengertiannya karena kita memberi bonus sesuai kemampuan daerah mudah-mudahan tidak memandang nominalnya tapi perhatiannya," ujarnya. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin Sufiansyah mengungkapkan sumber dana yang dibagikan oleh KONI  itu berasal dari dana hibah APBD 2023.

"Totalnya Rp2,6 miliar," ujarnya. 

Pernyataan selaras dari kedua narasumber ini disampaikan, yakni agar dengan adanya pembagian bonus ini ke depan para atlet dapat meraih prestasi yang lebih tinggi. 

Total medali

Seluruh medali ini disumbangkan oleh 400 atlet dari 30 cabang olahraga (cabor) dengan total medali 16, terdiri dari 40 medali emas, 58 perak dan 71 perunggu. 

Perincian dari Gulat (tiga emas, perak tiga, perunggu empat), Futsal (dua emas), Biliard (enam perak, delapan perunggu), Panjat Tebing (satu emas, tiga perak, satu perunggu), Atletik (dua emas, satu perak), dan Voli (satu emas, satu perak, satu perunggu). 

Selanjutnya, Sepak Takraw (satu emas, dua perak), Panahan (tiga emas, tiga perak, tiga perunggu), Catur (satu perak, satu perunggu), Karate (dua perunggu), Tenis Meja (satu perak), Renang dan Loncat Indah (dua perak), serta Silat (satu emas, dua perak, empat perunggu). 

Kemudian, Tenis Lapangan (dua perunggu), Senam (empat emas, lima perak), Tinju (dua emas, tiga perak, empat perunggu), Balap Motor (satu emas, satu perak), Anggar (tiga emas, enam perak, enam perunggu), Angkat Berat (tiga emas, tiga perak, tiga emas), dan Balap Sepeda (satu perak, satu perunggu). 

Sedangkan, Dance Sport (tiga emas, satu perak, lima perunggu), Petanque (tiga perunggu), Bridge (dua perak, satu perunggu), Angkat Besi (dua emas, dua perak), e-Sport (dua perak, tiga perunggu), Binaraga dan Fitnes (dua emas, satu perunggu), dan Kempo (satu emas, satu perak, satu perunggu). 

Sumbangan emas terbanyak untuk Tapin disumbang cabor Sambo dengan 27 medali terdiri dari lima emas, enam perak dan 16 perunggu.

 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023