Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Sukamta menginstruksikan seluruh pengurus cabang olahraga (cabor) se-Tanah Laut  untuk menginventarisir hingga ke pelosok desa dalam mencari atlet-atlet berbakat.

“Para pengurus cabor, tolong turunlah ke desa-desa, cari bakat terpendam, kita pasti punya semuanya,” ucap Sukamta, sebelum menyerahkan bonus lanjutan tahun anggaran 2023 bagi insan olahraga berprestasi pada Porprov Kalsel XI,  di Gedung Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Senin.

Hal itu, menurut dia,  banyaknya bermunculan  atlet-atlet lokal Tanah Laut yang mampu menunjukkan kemampuan dan persaingan dalam merengkuh prestasi pada ajang Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Porprov Kalsel) XI di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada 2022  lalu.

Sukamta menilai, dengan mengandalkan atlet-atlet lokal, maka dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Tanah Laut,  sebagaimana pada ajang porprov terakhir. 

“Pengurus cabor harus yakin, atlet-atlet yang tempat dan tanggal lahirnya di Tanah Laut juga mampu berprestasi tidak hanya tingkat provinsi, melainkan juga nasional,” ucapnya.

Dia mengharapkan,  para pengurus cabor agar terus berkomitmen melahirkan atlet berprestasi bagi Tanah Laut.

“Saya ingin para pengurus cabor turut berkontribusi demi para atlet meraih prestasi hingga tingkat nasional,” tandasnya.

Orangtua atlet renang Tanah Laut Panji Suaka mengatakan, kecintaan kedua anaknya terhadap air terlihat sejak masih kecil. 

“Waktu saya masih jadi atlet, mereka masih seusia anak TK dan sering ikut latihan. Sejak saat itu bakatnya mulai terlihat dan terus kita tempa karena mereka juga rajin dan semangat,” ucap pelatih renang ini. 

Menurut dia, tidak memungkiri memang ada rintangan dalam melatih, namun berkat perjuangan serta kerja keras akhirnya mereka bisa sukses.

“Kami terkendala latihan karena kolam renang sempat ditutup. Saya pun membuat kolam renang pribadi dengan ukuran 5x20 meter untuk dipakai latihan oleh mereka dan atlet renang lainnya,” ungkap orangtua Diandra Paramitha dan  Dwi Suci Ramadhani.

Panji berharap, anak-anaknya tidak cepat puas dengan pencapaian saat ini. 

Dia ingin,  mereka terus berjuang keras termasuk dalam mempersiapkan diri menghadapi Porprov Kalsel XII di Tanah Laut Tahun 2025 mendatang.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023