PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HAIS) sukses menggelar kompetisi desain solar panel untuk mendapatkan konsep desain photovoltaic bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada 2023.
 
"Kompetisi ini diikuti sebanyak 56 tim dari perguruan tinggi di Indonesia," ujar Direktur HAIS Soma Ariyaka dalam rilis yang disampaikan, Kamis.
 
Pada gelar final di kompetisi yang bertema "Photovoltaic on Tugboat Design Competition" terpilih 10 tim dari seleksi 30 tim tersebut pada 4 Maret 2023 di Hotel Harris Surabaya.
 
Kompetisi dikerjakan Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan ITS serta melibatkan galangan pembuat kapal sebagai mitra HAIS untuk mendapatkan konsep desain photovoltaic (PV) yang solutif dan inovatif, yang akan diimplementasikan pada armada tugboat baru milik HAIS.  
 
Soma Ariyaka mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya perseroan dalam meningkatkan semangat inovasi bagi generasi muda, khususnya mahasiswa.
 
"Perkembangan energi baru terbarukan juga bagian dari upaya perseroan dalam mengimplementasikan Environment, Social, and Governance (ESG) pada berbagai aktivitas perseroan," ujarnya.
 
Sementara itu Dekan FTK-ITS Trika Pitana menyampaikan, kegiatan lomba seperti ini mendukung program Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi, yaitu program merdeka belajar dan kampus merdeka.
 
Salah satunya, lanjut dia,  keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan lomba yang nantinya dapat dikonversi pada salah satu mata kuliah.
 
Dinyatakan, HAIS akan terus mendorong kegiatan-kegiatan kolaborasi antara akademisi dan praktisi agar tetap dapat dikembangkan di kemudian hari.
 
Perseroan PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HAIS) adalah perusahaan yang berada di bawah Hasnur Group yang berdiri pada 1966. 
 
Hasnur Group saat ini bergerak dalam kegiatan bisnis kehutanan, pertambangan, agribisnis, media, jasa dan logistik.
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023