Keberhasilan Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan meraih penghargaan Adipura membuat Wali Kota M Aditya Mufti Ariffin berniat menaikan honor bagi "pasukan hijau dan orange" di kota itu.
 
"Keberhasilan meraih Adipura tidak lepas dari peran petugas kebersihan sehingga kami akan menaikan honor, mau tidak naik," ujar wali kota yang disambut ucapan iya oleh ratusan petugas kebersihan, Kamis.
 
Pernyataan itu disampaikan wali kota dalam sambutan saat syukuran penghargaan Adipura di GOR Rudy Resnawan dihadiri Forkopimda, sekda, pimpinan SKPD dan ratusan "pasukan hijau dan orange".
 
Bahkan, orang nomor satu di jajaran Pemkot Banjarbaru itu langsung meminta Sekda yang juga menjabat Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Said Abdullah untuk menghitung anggaran.
 
"Pak sekda sebagai Ketua TAPD, tolong perhitungan anggarannya. In Syaa Allah honor petugas kebersihan kita naikan tahun 2024," sebut wali kota yang disambut tepuk tangan ratusan petugas kebersihan itu.
 
Ditekankan wali kota, peran petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup maupun Dinas Permukiman tidak dapat dilepaskan sehingga bisa mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan itu.
 
"Mereka berperan besar mewujudkan Banjarbaru menjadi kota yang bersih, hijau dan nyaman sehingga layak untuk mendapatkan penghargaan atas kinerjanya," ucap Opie sapaan akrab wali kota.
 
Sejumlah petugas kebersihan yang dimintai komentarnya terkait janji wali kota mengaku sangat senang dan berharap kenaikan honor dapat direalisasikan sehingga membantu kehidupan mereka.
 
"Alhamdulillah, kami senang dan berharap kenaikan direalisasikan," ucap Risma petugas kebersihan yang bekerja di bagian penyapu jalan pada dinas Lingkungan Hidup sejak satu tahun yang lalu.
 
Petugas lainnya, Sasiansyah juga senang dan gembira jika kenaikan direalisasikan sehingga bisa makin menambah pendapatan mereka yang saat ini menerima honor setiap bulan sebesar Rp1,25 juta.
 
"Kami tentu senang dan gembira jika honor dinaikan. Soal besarannya, yaa sekitar Rp1,5 juta," sebut pria paruh baya itu didukung petugas pasukan kebersihan lainnya yang bernama Mariana di acara tersebut.
 
Diketahui, Kota Banjarbaru berhasil meraih piala Adipura tahun 2022 kategori kota sedang yang sekaligus menjadi adipura kelima bagi kota yang sekarang telah berubah status menjadi ibukota Provinsi Kalsel itu.
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023